Tiga Rumah Terbakar

RIO-KEBAKARAN KEBUN DAHRI (3)
BENGKULU, BE – Kebakaran hebat terjadi di kawasan padat penduduk tempatnya di Kelurahan Kebun Dahri RT 13, Kecamatan Ratu Samban, Kota  Bengkulu.
Kebakaran tersebut menimpah 3 unit rumah, masing-masing milik Zainal, Martias Tanjung dan Era.
Hanya saja, dalam kebakaran yang diketahui sekitar pukul 20.56 WIB tersebut, rumah yang ludes adalah milik penjual bumbu Toko Berkat Yakin, milik Zainal. Pasalnya, saat kebakaran rumah tersebut ditinggal oleh Zainal bersama keluarganya, untuk melihat penutupan festival tabot.
“Pas kebakaran tadi, orangnya (Zainal dan keluarga) sedang nonton tabot. Jadi rumahnya kosong,” terang Nafsi (62), salah satu warga Kelurahan Kebun Dahri, kepada BE tadi malam.
Lanjut Nafsi, kebakaran tersebut berawal dari rumah milik Zainal, pada bagian ruangan lantai dua. Setelah itu api pun cepat membesar. Pasalnya angin pada saat kebakaran berhembus kencang. Warga yang melihat pun langsung berdatangan dan berteriak kebakaran.
Bayu (22), salah satu warga yang tak jauh dari rumah kebakaran tersebut menjelaskan, ketika api membesar pun warga berusaha memadamkan api dengan alat seadanya. Api yang cepat membesar akhirnya pun sulit untuk dipadamkan.
Tak beberapa lama sekitar 15 menit, 7 unit mobil PBK pun di terjunkan ke lokasi kebakaran.  “Pas api sudah membesar, barulah mobil PBK datang memadamkan api. Tapi memang agak lama datangnya dan sulit untuk menjangkau lokasi. Karena lokasi kebakarannya di rumah padat penduduk dan jalan gangnya kecil,” ujar Bayu.
Dari pantauan BE di lapangan, patugas PBK kesulitan untuk memadamkan api. Angin yang kecang dan gang yang sempit membuat petugas PBK sulit menjangkau lokasi kebakaran tersebut. Belum lagi, banyaknya warga yang melihat kebakaran tersebut menjadi menghambat proses pemadaman api.
Sekitar 2 jam kebakaran yang terjadi, api terlihat masih belum bisa dipadamkan. Pemilik rumah yang telah datang, terlihat histeris melihat rumah mereka dilalap si jago merah.
Hingga berita ini diturunkan, kebakaran tersebut belum diketahui penyebabnya, termasuk total kerugian yang diderita korban akibat kebakaran itu.(151)