Tes Urine di Jalan Raya

tes urine pengguna jalan
RAZIA : Polres BS razia gabungan bersama TNI dan BNNK untuk melakukan tes surine pengguna jalan.

KOTA MANNA, BE – Kapolres Bengkulu Selatan (BS), AKBP Napitupulu Yogi Yusuf SH SIK membuktikan janjinya menggelar razia narkotika di jalan raya. Bersama anggota TNI dan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), razia dilakukan di salah satu ruas jalan raya di Kota Manna.

Namun dari hasil razia tersebut, belum ditemukan pengguna jalan terlibat sebagai pemakai ataupun pengedar narkotika atau narkoba. “Dari razia gabungan yang kami gelar, semua pengguna jalan bebas narkoba,” kata Kapolres.

Kapolres mengatakan, razia atau operasi besar-besaran yang digelar tersebut  digelar di Simpang Tiga Kurawan, Pino Raya. Semua sopir mobil dan penumpang serta pengendara sepeda motor dan penumpangnya yang melintas, langsung dihentikan.
Kemudian semua barang bawaan langsung diperiksa. Belasan sopir dan penumpang langsung tes urine saat razia yang dimulai pukul  21.00 WIB Sabtu (27/2). Hanya saja, saat di tes ternyata urinenya negatif.

“Dari belasan orang yang kami curigai, tidak ada satupun yang urinenya positif, sehingga mereka kami lepas,” ujar Kapolres.

Ditambahkan Kapolres, digelarnya razia gabungan ini, sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada Kapolri yang disampaikan oleh Kapolda Bengkulu yang menyatakan,  bahwa pemberantasan narkoba harus menyeluruh dan jangan setengah-setengah agar memberikan rasa takut kepada mafia-mafia narkoba, bahwa Indonesia benar-benar ingin memberantas barang terlarang itu.
Sesuai instruksi tersebut,  saat razia Sabtu malam, juga membawa alat test Narkoba Multi Melalui Urine (Multi Drugs Abuse Rapid Test) untuk melakukan test urine dan disediakan tempat untuk pengambilan sampel urine di tempat lokasi.

“Saat ditemukan orang yang dicurigai, langsung kami bawa dan tes urine di tempat  dan hasilnya diketahui saat itu juga,” imbuh Kapolres.

Menurut Kapolres, meskipun saat razia yang berakhir pukul 23.00 WIB itu tidak ada yang terlibat narkoba, kedepan razia akan rutin digelar, sehingga warga BS benar-benar terbebas dari narkoba. “Razia ini akan rutin kami  gelar, narkoba harus diperangi, dan kami bertekat BS ke depan bebas dari narkoba,” terang Kapolres. (369)