Tes CPNS Kemenkum dan HAM Ada Calo, Laporkan!

CPNS: Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Jaya (tengah) didampingi Ketua Panitia Seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Indah Rahayuningsih (kiri) dan Kepala Kantor Pos Cabang Bengkulu, Mulya Wardi (kanan) memperlihatkan berkas pendaftaran calon peserta yang dikirim melalui pos, Senin (7/8).
CPNS: Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Ilham Jaya (tengah) didampingi Ketua Panitia Seleksi CPNS Kanwil Kemenkumham Bengkulu, Indah Rahayuningsih (kiri) dan Kepala Kantor Pos Cabang Bengkulu, Mulya Wardi (kanan) memperlihatkan berkas pendaftaran calon peserta yang dikirim melalui pos, Senin (7/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia (Kemenkum dan HAM) Provinsi Bengkulu resmi membuka pendaftaran calon pegawai negari sipil (CPNS) untuk pegawai Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sejak 1 Agustus lalu. Dari kuota 263 orang, saat ini sudah 3.793 orang yang mendaftar secara online.

Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya menegaskan bahwa dalam penerimaan CPNS ini dipastikan tidak ada calo-calo yang mengatasnamakan Kemenhum dan HAM yang bisa meluluskan peserta seleksi.

“Kita pastikan tidak ada calo. Kalau ada silahkan lapor, kita akan proses,” tegas Ilham kepada Bengkulu Ekspress, usai Coffee Morning di Kakanwil Kemenkum dan HAM Bengkulu bersama instansi terkait serta media massa dalam rangka pelaksanaan seleksi CPNS tahun 2017, kemarin (7/8).

Ditegaskannya, dalam seleksi CPNS yang dibuka dari 1 Agustus sampai 16 November itu, pihaknya hanya sebatas panitia. Sebab, semua peserta yang mendaftar nantinya tidak akan bersentuhan maupun bertatap muka saat melakukan pendaftaran maupun saat tahapan seleksi lainnya. Dimana untuk tahap pendaftaran, semua peserta diwajibkan untuk mendaftar secara online. Kemudian berkas pendaftaran dikirim melalui kantor Pos terdekat.

“Daftar online dan pengiriman berkasnya lewat kantor Pos. Jadi, jangan percaya kalau ada orang yang mengatasnamakan panitia bisa meluluskan dalam seleksi ini,” bebernya.

Setelah proses pendaftaran, nantinya peserta akan melakukan tahapan seleksi melalui komputer atau online. Dimana semua soal nantinya akan diacak antara peserta yang satu dengan peserta lainnya. Kemudian hasil ujian online itu bisa langsung diketahui satu hingga dua menit setelah menyelesaikan ujian.

“Semua soal diacak, kita tidak ada yang tahu apa soalnya. Beda komputer, beda pula soalnya. Mau contekan gimanapun tidak akan bisa. Hasilnya juga akan dikeluarkan menit itu juga. Jadi nanti tahu lulus atau tidak,” tambahnya.

Setelah lulus seleksi, nantinya semua CPNS dengan formasi 263 orang terbagi 240 formasi lulusan SMA sederajat dan 23 formasi S1/DIII itu akan ditempatkan di semua Lapas yang ada di Provinsi Bengkulu. Jadi nantinya tidak ada satupun formasi itu akan ditempatkan di Kanwil Kemenkumham.

“Semua kita tempatkan di Lapas, jadi jangan harap bisa ke Kanwil Kemenkumham. Karena kita memang kekurangan untuk pegawai lapas,” beber Ilham.

Perekrutan CPNS ini juga melibatkan semua instansi, baik Kantor Pos, Ombudsman, Unib dan Polda Bengkulu. Perekrutan juga akan dilakukan secara transparan, akuntabel, profesional dan informatif. Diharapkan nantinya peserta yang lolos benar-benar pegawai yang berkompetensi tinggi.

“Jadi, yang lulus nanti tidak ada beban. Bekerja dengan profesional dan tentunya berkualitas. Kita minta semua memantau proses seleksi ini, dan kita akan terbuka. Jika ada yang bermain-main, laporkan,” tandasnya. (151)