Sabtu, 20/07/2013 - 19:00 WIB
Bengkulu Utara | beonline - Bengkulu Ekspress

Tes CPNS Gagal Digelar

Jumlah PNS Over

ARGA MAKMUR, BE – Ini kali ketiga kabupaten Bengkulu Utara tidak menerima tes CPNS sejak tahun 2011 lalu.  Tahun ini setelah dikeluarkannya keputusan dari Kemenpan RB terkait penerimaan tes CPNS, Kabupaten Bengkulu Utara terganjal pada beban belanja pegawai yang melebihi 50 persen APBD. ” Syarat untuk melaksanakan tes CPNS  serapan belanja pegawai di APBD harus dibawah 50 persen,” kata Kepala BKD, Dullah SE MM.
Sedangkan jumlah pegawai yang dimiliki, pemerintah pusat menilai jumlahnya sudah melebihi kapasitas. Walaupun pemkab telah mengusulkan 3.500 kuota CPNS baru. “Dari awal memang berat sekali untuk pelaksanaan tes CPNS. Kendalanya menyangkut ketersediaan anggaran,” ujar Dullah.
Selain itu, Bengkulu Utara juga tidak bisa lagi menerima tenaga honorer ataupun sejenisnya. Sedangkan yang sudah terlanjur masuk sebagai tenaga honorer atau sejenisnya harus melengkapai surat pernyataan untuk tidak menuntut diangkat menjadi CPNS. ” Bengkulu Utara tetap mengajukan pengajuan penerimaan untuk pelaksanaan CPNS disetiap tahunnya dengan melihat beban belanja pegawai dengan berkaca dari tahun sebelumnya,” jelasnya.
Terpisah, Bupati Bengkulu Utara Dr Ir H M Imron Rosyadi MM MSi mengatakan meski tak ada tes CPNS, para pencari tenaga kerja harus mencari peluang kerja lain karena bekerja tidak hanya untuk menjadi PNS, “Maju bukan karena menjadi seorang PNS, tetapi dengan adanya skill kita bisa bekerja. Banyak pekerjaan lain yang gajinya melebihi PNS,” kata Imron. (117)

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>


empat + 6 =

© 2005 - 2013 bengkuluekspress.com, All Rights Reserved