Tes CPNS Digelar Agustus

JAKARTA, BE – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menargetkan proses verifikasi data peserta calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2015 selesai bulan Juli mendatang. Hal ini dikarenakan banyaknya pemerintah daerah yang mengusulkan, sehingga proses verifikasi memerlukan waktu hingga tiga bulan.

“Verifikasi kurang lebih tiga bulan, jadi perkiraan sampai bulan Juli baru selesai dan final,” kata Kabag Humas KemenPAN-RB, Suwardi saat dikonfirmasi wartawan, Senin (27/4).

Dia melanjutkan, sebagian data pengajuan formasi dari pemda, sudah berada di bagian SDM Aparatur KemenPAN-RB. Namun, pihaknya mengaku belum memperoleh salinan data tersebut dari pihak terkait. “Saya belum dapat datanya. Tapi yang pasti sedang di verifikasi,” ujar Suwardi.

KemenPAN-RB memastikan penetapan formasi CPNS 2015 dijadwalkan bulan Juli mendatang. Hal ini dikarenakan ada pengunduran batas tenggat waktu input data e-formasi yang semula dijadwalkan 30 April menjadi 16 Mei mendatang. Sementara untuk pelaksanaan tes seleksi baik jalur umum maupun honorer digelar Agustus 2015.

Deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Setiawan Wangsaatmaja mengatakan, cepat atau lambat penetapan formasi tergantung dari data-data yang masuk lewat e-formasi. “Kalau molor, otomatis formasinya juga lama ditetapkan. Jika data dari daerah telah terkumpul semua, maka kami langsung melakukan verifikasi data-data tersebut,” kata dia.

Dia menjelaskan, daerah yang akan mendapatkan formasi CPNS tahun ini harus memenuhi standar kriteria sebagai berikut, telah melengkapi analisa jabatan dan beban kerja, perencanaan pegawai selama lima tahun, belanja pegawainya maksimal 40 persen, lebih mengutamakan formasi tenaga pendidik, kesehatan, dan fungsional tertentu seperti penyuluh, dan sebagainya.

Sementara, untuk daerah yang boros dalam belanja pegawai di atas 40 persen, Setiawan menyatakan, kecil kemungkinan akan mendapatkan formasi CPNS tahun ini. “Untuk kuota, saat ini masih dalam tahap pembahasan, tapi kisarannya kurang lebih sekitar 100 ribu formasi,” ungkap dia.

Untuk diketahui, e-formasi ini bertujuan untuk mengetahui gambaran struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan/ kelebihan pegawai di instansi pemerintah baik lingkungan Kementerian, Lembaga Negara, pemerintah pusat maupun daerah. (wmc)