Tawarkan Kunci UN, 3 Pelajar di Magelang Raup Jutaan Rupiah

In Nasional

Tiga pelajar yang ditangkap dan diperiksa petugas di Polsek Magelang Utara karena menawarkan kunci jawaban dan soal-soal UN tahun 2013, meraup jutaan rupiah dari hasil tipu-tipunya. Padahal kunci jawaban itu tidak diketahui benar-benar ada atau hanya bohongan.

Ketiga pelajar bernama Dani (21), Maksum (18), dan Surya (18). Mereka ditangkap di sekolahnya, kawasan Salam, Magelang, Selasa (16/4) kemarin, lalu dilepas lagi untuk mengikuti ujian. Selepas ujian, mereka akan diperiksa lagi oleh polisi.

Dani dan teman-temannya mengaku mendapat bocoran jawaban dari seseorang asal Semarang. Beberapa teman percaya. Dani jual mahal. Untuk satu bandel soal dan jawaban, ia menawarkan dengan harga Rp 7 juta hingga Rp 10 juta. Karena tertarik, banyak pelajar yang meng-order.

Kepada polisi, Dani mengaku menerima dari pelajar asal Salam sebesar Rp 2,1 juta dan dari pelajar asal Mungkid Rp 3 juta. “Jadi totalnya Rp 5 juta,” kata Kapolres Magelang AKBP Joko Pitoyo melalui Kapolsek Magelang Utara, Kompol Diah Wuryaning Hapsari, Rabu (17/4/2013).

Dua pelajar yang terlanjur setor itu akhirnya gigit jari. Hingga UN digelar, Senin (15/4), kunci jawaban tak didapatkan. Merasa dibohongi, mereka menggeruduk Dani. Ribut-ribut antara Dani dan pelajar yang tertipu itulah yang membuat polisi turun tangan.

“Dani, Maksum, dan Surya, langsung kami amankan. Mereka mengakui menawarkan kunci jawaban UN dan mendapatkan uang,” kata Diah.

Dani dan kawan-kawan tak ditahan. Mereka diizinkan mengikuti UN. Selepas UN, polisi akan kembali memeriksanya.  “Status (hukum) ketiganya ya belum ada. Masih kami dalami masalahnya,” jelasnya.

You may also read!

Jangan Jual Komix & Aibon Sembarangan

BINTUHAN, BE – Sekretaris Daerah (Sekda) Kaur, H Nandar Munadi SSos MSi, mengimbau kepada pemilik warung ataupun toko untuk

Read More...
IRUL/BE LUDES: Warga bersama petugas kebakaran dari BPBD Kaur saat berusaha memadamkan api yang membakar rumah M Dahlan di Desa Pasar Baru Kecamatan Kaur Selatan, Jum’at (24/3).

Rumah Ludes Terbakar

Masak Air, Ditinggal Pergi ke Pasar KAUR SELATAN, BE – Kebakaran hebat kembali terjadi di Kabupaten Kaur.  Kali ini

Read More...

Mayat Tanpa Identitas di Pantai

AIR PERIUKAN, BE – Masyarakat Desa Kungkai Baru Kecamatan Air Periukan mendadak heboh, pada dini hari kemarin (24/3). Suasana

Read More...

Mobile Sliding Menu