Tanamkan Sadar Pajak Sejak Dini

Untuk memberikan pemahaman tentang pajak sehingga bisa sadar pajak sejak dini, KPP Pratama Curup akan menyambangi sejumlah sekolah baik yang ada di Kabupaten Rejang Lebong maupun di Kabupaten Lebong
Untuk memberikan pemahaman tentang pajak sehingga bisa sadar pajak sejak dini, KPP Pratama Curup akan menyambangi sejumlah sekolah baik yang ada di Kabupaten Rejang Lebong maupun di Kabupaten Lebong

CURUP, Bengkulu Ekspress – Untuk memberikan pemahaman tentang pajak sehingga bisa sadar pajak sejak dini, KPP Pratama Curup akan menyambangi sejumlah sekolah baik yang ada di Kabupaten Rejang Lebong maupun di Kabupaten Lebong.
Menurut Kepala KPP Pratama Curup, Barlianto, SH MM didampingi Kepala Seksi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Curup, Moh Makhfal Nasirudin, SE MA sekolah yang akan mereka datangi untuk memberikan penyuluhan mengenai pajak ini mulai dari tingkat SD hingga SMA.

“Kegiatan yang bertajuk ‘pajak bertutur’ akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 11 Agustus mendatang,” terang Barlianto.
Untuk wilayah kerja KPP Pratama Curup, kegiatan pajak bertutur tersebut akan dilaksanakan di SDN 02 Rejang Lebong, SMPN 02 Rejang Lebong, SMAN 1 Rejang Lebong, SMAN 2 Rejang Lebong dan SMAN 1 Topos Kabupaten Lebong. Untuk pesertanya sendiri sebanyak 250 pelajar atau dalam satu sekolahnya akan diikuti oleh 50 orang pelajar.

“Secara nasional pesertanya sebanyak 110 ribu, dan rencananya akan memecahkan rekor muri dalam penyuluhan pajak,” tambah Barlianto.
Terkait dipilihnya penyuluhan kepada pelajar tersebut, karena menurut Barlianto dalam kurun waktu 10 hingga 20 tahun kedepan para pelajar ini nanti yang akan terlibat langsung dalam pajak. Sehingga dengan adanya pemberian pemahaman tentang pajak sejak dini, mereka akan paham sehingga saat mereka nanti sudah terlibat dalam pajak, mereka akan taat pajak.

Diungkapkan Barlianto, pentingnya menggugah kesadaran membayar pajak sejak dini sangatlah penting. Karena menurut Barlianto saat ini 85 persen dana yang digunakan pemerintah untuk melakukan pembangunan di Indonesia bersumber dari pajak masyarakat. Sehingga menurutnya semakin banyak masyarakat yang membayar pajak maka akan semakin banyak pembanguan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Para siswa ini nantinya akan menjadi generasi emas bangsa ini, sehingga mereka harus diberi pemahaman sejak dini tentang pajak, dengan diberinya pemahaman sejak dini, mereka nanti diharapkan bisa menjadi warga negara yang taat pajak,” harap Barlianto.
Disisi lain, Barlianto mengakui, selain dalam kegiatan pajak bertutur, saat ini KPP Pratama Curup juga telah melakukan edukasi kepada pelajar dan mahasiswa yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Dimana menurutnya sebelumnya KPP Pratama Curup telah memberikan penyuluhan disalah satu kampus di Kota Curup. Bahkan menurutnya setelah kegiatan pajak bertutur KPP Pratama Curup akan menyambangi sejumlah sekolah dan kampus di Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

“Bila nanti kita tidak ke sekolah dan kampus, nanti pelajar dan mahasiswa bisa juga datang ke KPP Pratama Curup untuk mendapat penyuluhan disini,” demikian Barlianto.(251)