Tanah Longsor Sebabkan Laka Lantas

KEDURANG, BE – Hujan yang mengguyur wilayah Bengkulu Selatan (BS) akhir-akhir ini telah menyebabkan tanah longsor. Sebagaimana yang terjadi di Perbatasan Desa Batu Ampar dengan Desa Lubuk Resam, Kedurang. Akibatnya tanah bekas longsor dari atas tebing pinggir jalan, telah menutupi sebagian badan jalan. Namun karena belum dibuang, telah menyebabkan kecelakaan lalu lintas.
“Dari laporan warga, tanah longsor itu kejadiannya Kamis malam, tadi (kemarin red) saya cek, tanah masih menumpuk, ada pengendara lewat dan sepeda motornya roboh,” kata anggota Komisi 2 DPRD BS, Abdul Hadi SP, kemarin.
Menurut anggota DPRD BS dari Partai Demokrat daerah pemilihan tiga ini, hampir separuh padan jalan di tutupi tanah. Panjang jalan yang terkena tanah longsor itu sekitar 20 meter. Namun karena kondisi hujan terus mengguyur BS, tanah yang menutupi sebagian badan jalan itu hanyut terbawa air hujan. Akibatnya, jalan menjadi licin. Sehingga pengendara yang melintas, harus waspada. Sebab jika tidak kendaraannya bisa roboh.
“Usai tanah longsor, sudah ada dua sepeda motor roboh akibat jalan licin di lokasi tanah longsor tersebut,” ujarnya.
Atas kondisi tersebut, sambung Abdul Hadi, dirinya pun meminta pihak terkait dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) BS dapat membersihkan tumpukan tanah di lokasi tanah longsor tersebut. Sebelum benar-benar berakibat patal. Sebab jika terus biarkan, tanah di pinggir jalan bisa semakin rajin longsor dan jalan pun benar-benar tertutup.
“Saya berharap dinas PU dapat segera membersihkannya, agar arus lalu lintas lancar kembali dan pengendara tidak ada lagi yang terjatuh,” harap Abdul hadi. (369)