Tampil Pertama, Tanjung Jaya Buat Kapal Bajak Laut

IMG_20151021_101407BENGKULU, bengkuluekspress.com – Seperti biasanya pada setiap festival tabot . Salah satu perlombaan yang tidak pernah lupakan adalah lomba lampu lampion atau yang lazim disebut Telong-Telong. Dalam lomba telong-telong kali ini, Kelurahan Tanjung Jaya menjadi peserta tambahan untuk pertama kalinya.

Menurut Redi selaku kordinator pembuatan telong Tanjung Jaya, khusus Kelurahan Tanjung Jaya Kapal Layar Bajak laut merupakan penampilan pertama kelurahan Tanjung Jaya. Pasalnya sebelumnya kelurahan ini masih bergabung dengan kelurahan Tanjung Agung dan mulai tahun ini mereka membuat sendiri dengan dana sumbangan masyarakat. “Mudah-mudahan kami menang pada penampilan pertama ini,” ujarnya saat ditemui disela-sela kesibukannya kemarin (20/10/2015)

Ditambahkannya, kendati baru pertama kali tampil di festival tabot namun para pemuda kreatif Tanjung Jaya ini bertekat untuk membuat karya mereka semaksimal mungkin. Apalagi dalam proses pembuatannya melibatkan masyarakat Tanjung Jaya dalam hal pendanaan. “Kami tidak ingin mengecewakan masyarakat Tanjung Jaya,”.

Pantauan bengkuluekspress.com, dilokasi kelurahan dikenal sering kena banjir ini, pihaknya membuat replika kapal layar berukuran besar berkepala naga. Ketika ditanya berapa dana yang telah dihabiskan untuk membuat kapal layar yang diberi nama Kapal Layar Bajak Laut ini telah menghabiskan dana sebesar Rp. 4 juta lebih. “Semua dana kami dapatkan dari sumbangan masyarakat,” ungkapnya.