Tak Miliki Sertifikat CNC, Izin Dicabut

ILUSTRASI TAMBANG BATU BARA

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Setiap perusahaan tambang harus memiliki sertifikat Clean and Clear (CnC). Sertifikat CNC menjadi syarat mutlak yang harus dipenuhi pelaku usaha tambang untuk mendapatkan Izin Usaha Pertambangan (IUP).

“Bagi perusahaan yang tidak memiliki sertifikat (CnC) maka IUP nya akan dicabut,” ujar Jonaidi Ketua Komisi III DPRD Provinsi Bengkulu saat menggelar hearing dengan Dinas ESDM dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) se- Provinsi Bengkulu, Senin (29/02/2016).

Komisi III akan bekerjasama dengan BLH dan Dinas ESDM kabupaten dan kota se- Provinsi Bengkulu guna melihat kondisi terakhir perusahaan – perusahaan  tambang di Provinsi Bengkulu.

“Kita rekomendasikan pencabutan IUP bagi perusahaan yang nakal di Provinsi Bengkulu. Semua perusahaan mereka punya konsekuensi semua terhadap perbaikan lingkungan hidup,” katanya.

Sertifikat Clean and Clear (CnC) yang diterapkan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bagi pengusaha tambang sebagai syarat untuk mendapatkan status Eksportir Terdaftar (ET). (Dil)