Sungai Dijadikan Penangkaran Buaya

MUKOMUKO, BE – Pemda Mukomuko meminta agar Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Perwakilan Bengkulu, segera membangun lokasi penangkaran buaya di Sungai Gegas yang berlokasi di Kecamatan Sungai Rumbai. Ini diusulkan agar keberadaan buaya di sungai tersebut tetap terjaga dan masyarakat yang beraktifitas merasa lebih aman.

“Usulannya telah kita sampaikan tahun lalu. Tepatnya ketika ada salah seorang warga tewas di mangsa buaya di aliran sungai tersebut,” ungkap Wakil Bupati Mukomuko, Haidir dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Menurutnya jika lokasi tersebut dijadikan lokasi penangkaran buaya. Selain keberadaannya terawasi. Juga meminimalisir tidak membahayan masyarakat setempat yang tengah beraktifitas. Seperti ketika melintas, mencari ikan dan lainnya.

Diakui Wabup, untuk membangun penangkaran buaya memang banyak yang harus dilakukan. Salah satunya di sekitar lokasi itu mayoritas tanaman sawit milik masyarakat. Namun hal tersebut dapat dikoordinasikan lebih lanjut dengan pemerintahan desa, masyarakat dan pihak – pihak terkait lainnya. Yang jelas Pemda Mukomuko sifatnya masih menunggu informasi dan koordinasi lebih lanjut dari BKSDA Perwakilan Bengkulu terkait hal tersebut.

Wabup sekaligus warga Kecamatan Sungai Rumbai itu, juga mengatakan dilokasi yang dikenal banyak buaya tersebut masih banyak masyarakat setempat yang melakukan aktifitas. Meskipun lokasi itu sangat berbahaya. Ia mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati – hati. Dan di harapkan habitat buaya yang ada tidak di ganggu dan lainnya. “ Harapan kita masyarakat tidak melakukan tindakan negatif dan warga harus tetap berhati – hati,” ungkapnya. (900)