Suku Pekal Siap Menangkan RM

dfg

BENGKULU, BE – Suku Pekal yang berasal dari dua kabupaten antara Kabupaten Bengkulu Utara (BU) dan Kabupaten Mukomuko ini, secara terang-terangan telah menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Gubernur Bengkulu, nomor urut satu, Ridwan Mukti-Rohidin Mersyah, untuk menduduki kursi nomor satu di Provinsi Bengkulu. Dukungan tersebut dilontarkan langsung oleh salah satu tokoh presidium Suku Pekal, Selasa, 20/10, Indra Irawan atau yang akrap disapa Indra Walet. Dukungan tersebut bukan tanpa alasan. Ia bersama masyarakat suku Pekal tersebut didasari atas pengalaman dan keberhasilan Ridwan Mukti atau yang sering disapa RM ini, dalam memimpin menjadi Bupati 10 tahun di Kabupaten Musi Rawas Provinsi Sumatera Selatan.
“Kami suku Pekal telah siap untuk mendukung dan memenangkan RM jadi Gubernur Bengkulu. Karena calon pemimpin seperti beliaulah yang pantas untuk memimpin Bengkulu. Di tangan yang penuh dengan pengalaman dan mengerti keadaan masyarakat kecil, RM bakal dapat  mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” tegas Indra kepada BE, kemarin (20/10).
Lanjut Indra, suku Pekal yang terdiri dari 13 kecamatan yaitu, Kecamatan Ketahun Kabupaten BU, Kecamatan Napal Putih Kabupaten BU, Kecamatan Putri Hijau Kabupaten BU, Kecamatan Uluk Kupai Kabupaten BU, Kecamatan Pinang Raya Kabupaten BU, Kecamatan Marga Sakti Kabupaten BU, Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko, Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko, Kecamatan Bungo Tanjung Kabupaten Mukomuko, Kecamatan Air Rami Kabupaten Mukomuko, Kecamatan Malin Deman Kabupaten Mukomuko, Kecamatan Talang Arah Kabupaten Mukomuko dan Kecamatan Talang Baru Kabupaten Mukomuko dan Kecamatan Pondok Suguh Kebupaten Mukomuko ini. Berharap nantinya, bila RM terpilih menjadi Gubernur Bengkulu, dapat memperhatikan suku Pekal yang telah lama ada dibagian Provinsi Bengkulu. “Kami tidak meminta apa-apa dari RM ketika terpilih nanti, yang kami inginkan RM mampu memperhatikan suku kami ini. Sehingga suku Pekal dapat dikelanal oleh masyarakat Provinsi Bengkulu,” terangnya.
Senada yang disampaikan oleh salah satu keturunan Putra Pekal (Kaum Caniago), Herliardo yang berasal dari Kecamatan Pondok Suguh Kabupaten Mukomuko, yang juga sebagai Ketua DPW PKB Provinsi Bengkulu ini mengungkapkan bahwa suku Pekal ini telah banyak tersebar di Provinsi Bengkulu, terkhusus di Kabupaten BU dan Kabupaten Mukomuko. Dengan banyak tersebarnya tersebut, ia berharap kedepannya bila RM terpilih menduduki kursi nomor satu di Provinsi Bengkulu. Dapat melakukan pemekaran Kabupaten Pekal, menjadi bagian kabupaten di Provinsi Bengkulu. Sehingga dengan dilakukan pemekaran tersebut, pembangunan beserta kesejahtraan masyarakat dapat meningkat.
“Ya kita berharap, kalaupun bisa untuk di mekarkan menjadi kabupaten, Pak RM dapat mampu untuk mewujudkan harapan tersebut. Karena memang, impian kami untuk mekar sudah lama kami inginkan. Dengan pemekaran tersebut, realisasi percepatan pembangunan dan infrastrukutr dasar yang ada di visi misi RM, mampu direalisasikan terhadap daerah kami,” ungkap Herliardo.
Sementara itu, ketika RM melakukan pertemuan bersama masyarakat di Desa Giri Kencana Kacamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di Kediaman Ketua Komisi I DPRD Bengkulu Utara, Juhaili, beberapa minggu yang lalu. RM mengungkapkan bahwa kesejatraan masyarakat tersebut tergantung pada 3 infrastrukutr dasar yang harus terpenuhi, yaitu infrastruktur jalan, pendidikan dan kesehatan. Dengan infrastrukut tersebut, maka pertumbuhan ekonomi serta kesejatraan masyarakat dapat meningkat, dengan didukungan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memadai.
“Tentunya dengan didukungan dengan SDM yang memadai dan infrastrukur yang baik, maka kesejatraan masyarakat dapat meningkat. Hal ini lah akan kita wujudkan ketika terpilih menjadi Gubernur 9 Desember mendatang. Sehingga dengan dukungan yang disampaikan oleh suku Pekal ini, bakal akan mampu mewujudkan imipian kita bersama, untuk menuju Bengkulu baru,” jelas RM.
Terkait pemekaran tersebut, RM menuturkan bahwa harapan masyarakat bakal akan terwujud dengan melihat sarat serta kelengkapan administrasi yang telah ditentukan undang-undang. Ketika semuanya telah lengkap, maka pemekaran tersebut dapat dilakukan. diketahui RM telah banyak menorehkan pengalaman dalam melakukan pemekaran kabupaten, ketika menjadi anggota DPR-RI dua priode. Salah satu hasil kabupaten pemekarannya, ialah Kabupaten Mukomuko, Kepahiang, Kaur, Seluma, Lubuk Linggau dan Musi Rawas sendiri.
“Soal pemekaran sendiri, ketika semua sudah lengkap kenapa tidak dimekarkan ketika saya menjadi Gubernur nanti. Kalau nanti bisa mekar menjadi kabupaten secara normal, kenapa harus sungsang. Artinya, ditangan saya ini sudah pernah beberapa kali memekarkan kabupaten baik di Bengkulul maupun di Sumatra Selatan. Sehigga ketika sudah mampu dimekarkan bakal akan dimekarkan. Hal itu juga untuk mempercepat pembanguna dan kesejahtraan masyarakat itu sendiri,” pungkas RM. (151)