Sukseskan Swasembada Sapi

Sapi
Sapi

Disnakeswan Gandeng BI

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dalam rangka memaksimalkan program pengembangan populasi ternak sapi di Bengkulu, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu akan bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Bengkulu. Kerjasama tersebut untuk melatih Badan Usaha Milik Petani (BUMP) di Kabupaten Seluma dan Rejang Lebong tentang manajemen keuangan.

Kepala Dinaskeswan Provinsi Bengkulu, drh Majestika mengatakan, kerjasama tersebut akan dilakukan pada bulan Februari ini. Bentuk pelatihan yang akan dilakukan adalah peningkatan kapasitas petani ternak tentang bagaimana mengelola keuangannya.
“Kami bekerjasama dengan BI untuk melatih BUMP terutama untuk mengelola keuangannya terkait program pengembangan ternak sapi,” jelas Majestika, kemarin (13/2).

Pelatihan ini dinilai sangat penting agar BUMD dapat menjadi badan usaha yang kredibel dan bankable, meskipun demikian, dari sembilan BUMP yang terdapat di provinsi Bengkulu, baru baru dua BUMP ini yang terpilih.

“Ada 2 BUMP yang sekarang terpilih untuk tahap awal pelatihan manajemen keuangannya agar pengelolaannya tertib,” sambung Majestika.

Jika BUMP sudah tertib, maka BUMP itu berarti sudah memenuhi persyaratan untuk diterima oleh bank jika ingin berurusan dengan bank, misalnya meminjam modal. Namun dalam pelaksanaanya nanti, tetap akan terus dikawal ketat hingga menjadi mandiri.
“Kami upayakan BUMP menjadi bankable dan bisa mengakses perbankan dan prosenya akan kami kawal hingga nanti bisa mandiri,” lanjut Majestika.

Sebelumnya, Disnakeswan Provinsi bekerjasama dengan BUMP telah mendatangkan 500 ekor sapi asal Kupang, Nusa Tenggara Timur(NTT). Bahkan mendatangkan ratusan ternak tersebut, tidak menggunakan dana yang bersumber dari APBD ataupun APBN, tetapi murni dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu BUMP Provinsi Bengkulu.

“Peran Pemerintah Daerah hanya mengawasi saja, karena pelaksanannya sepenuhnya tanggung-jawab BUMP oleh karenanya kami mengupayakan untuk pengelolaan keuangannya,” tukas Majestika.

Sementara itu, Kepala BI Perwakilan Provinsi Bengkulu, Endang Kurnia Saputra mengatakan, pihaknya mendukung Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk menjadikan Bengkulu daerah swasembada ternak sapi.

“Kami mendukung penuh rencana untuk menjadikan Bengkulu daerah swasembada ternak sapi dengan mendukung semua BUMP agar terus maju dan bisa berkembang,” ujar Endang.

Endang menerangkan, pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap BUMP di Bengkulu agar hasil peternakan sapi menjadi maksimal. Oleh karenanya pihaknya juga akan mengupayakan dengan maksimal untuk membina BUMP-BUMP ini terkait manajemen keuangannya.

“Sejauh ini dari seluruh binaan BI selalu berhasil dan harapan kita BUMP di dua kabupaten tersebut akan sukses termasuk pengelolaan keuangannya,” singkat Endang.(999)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*