Sudoto Diberi ‘Lampu Hijau’

Gubernur Tunggu Tiga Nama dari Mendagri

97834572149-mutasi

BENGKULU, BE – Gubernur Bengkulu, Dr Drs H Ridwan Mukti MH, terus membuka peluang besar kepada pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk mendaftarkan diri sebagai calon sekretaris daerah Provinsi Bengkulu.

Bahkan secara tegas, gubernur memberikan lampu hijau atau meminta Pelaksana Tugas (Plt) Sekdaprov, Drs Sudoto MPd, untuk mendaftarkan diri sebagai calon sekda. “Plt Sekda harus ikut dan pejabat lainnya juga harus ikut,” ujar Ridwan Mukti, terkait seleksi ulang calon sekretaris daerah (sekda) Provinsi Bengkulu.

Ridwan menyatakan, siapapun boleh ikut mencalonkan diri sebagai sekdaprov dengan syarat memenuhi kriteria. Khusus pejabat pemprov eselon II dengan golongan 4C, minimal 2 kali menduduki jabatan eselon II. Kemudian paham sistem pemerintahan berbasis eletronik dan memahami sistem keuangan berbasis akrual. “Pejabat yang memenuhi kriteria silakan ikut,” tambahnya.

Selain memberikan peluang kepada pejabat Pemprov Bengkulu, Ridwan Mukti juga masih menunggu 3 nama pejabat yang akan direkomendasikan oleh Mendagri. Setelah pejabat tersebut dikirimkan, maka pejabat pemprov pun diikut sertakan. “Kita tunggu dulu rekomendasi dari Mendagri. Nanti baru dimulai,” ujar Ridwan Mukti.

Sementara itu, tiga nama calon sekda yang diminta Gubernur dari pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah mencuat ke permukaan. Mereka adalah Ir H Boytenjuri CES berasal dari Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), dengan jabatan Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan Kemendagri, Dr Drs Agus Fatoni MSi dari Provinsi Lampung, dengan jabatan Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri, dan Hadi Supratikta pejabat Fungsional Peneliti Pusat Litbang Kemendagri.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri, Dodi Riyadmadji, ketika dikonfirmasi mengenai nama-nama yang akan direkomendasikan untuk ikut seleksi calon sekdaprov Bengkulu, mengatakan, semua berpeluang asalkan pejabat eselon II.

“Semua berpeluang asalkan eselon II. Namun sampai sekarang, kita masih menunggu siapa calon yang akan dikirimkan dari Mendagri,” terang Dodi.

Dodi menjelaskan, pejabat eselon II di Kemendagri yang bisa ikut mendaftar calon sekda, ialah pejabat direktur, pejabat utama dan kepala biro. Untuk pejabat eselon II asli orang Bengkulu, dikatakan Dodi belum terpantau dengan jelas. “Asalkan berminat, ya kita persilakan yang jelas tunggu rekomendasi dulu,” bebernya.

Mengenai nama Hadi Supratikta yang saat ini menjabat sebagai Fungsional Peneliti Pusat Litbang Kemendagri, Dodi mengatakan masih berpeluang untuk mendaftar. Meskipun Panitia Seleksi (Pansel) Sekda sebelumnya telah menyatakan, jabatan fungsional tidak bisa ikut dalam seleksi, menurut Dodi, jabatan fungsional di Litbang tersebut memang menjadi jabatan baku di Kemendagri, bukan pejabat yang dinonjobkan. “Itu mungkin penilaian sendiri dari Pansel. Ya silakan saja, asalkan syaratnya memenuhi,” tegasnya.

Siap Daftar

Di sisi lain, meskipun sebelumnya telah digugurkan, Hadi Supratikta, pejabat Fungsional Peneliti Pusat Litbang Kemendagri menyatakan niatnya kembali bersaing dibursa calon sekda Provinsi Bengkulu masih ada. Hadi Menegaskan, dirinya akan kembali mendaftar, ketika pendaftaran lelang jabatan sekda dibuka.

“Ya nanti kita coba akan daftar lagi. Kalau memang gubernur meminta tiga orang dari Mendagri,” kata Hadi.

Dikatakan Hadi, dirinya juga tidak takut ketika nantinya dinyatakan tidak lulus kembali. Karena selama ini dirinya menilai jabatan sekda di kelas provinsi memang harus pejabat yang berkompeten. Terlebih saat ini, sistem pemerintah berbasis elektronik, sudah mulai diterapkan di berbagai daerah, sehingga menjadi hal wajar, kualitas sekda menjadi hal utama. “Yang terpenting usaha dulu,” ungkapnya.

Sementara itu, sejumlah calon sekda yang sebelumnya lulus 8 besar, namun dinyatakan Gubernur Bengkulu belum layak menjadi sekda, memastikan tidak akan kembali ikut mendaftar ulang seleksi tahap kedua.

“Saya kira sudah cukup, lumayan capek ikut seleksinya. Jadi ya sudahlah, mungkin itu keputusan gubernur yang terbaik,” ujar salah satu calon sekda, Nopian Andusti SE kepada BE, kemarin.

Nopian yang saat ini menjabat sebagai staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemda Bengkulu Selatan mengaku, jika tidak berkompetensi, dirinya masih belum percaya. Alasanya, dirinya sudah beberapa kali lolos, ikut seleksi pejabat struktural, baik di tingkat pemda, hingga ke tinggal pejabat pusat. Meski demikian, dirinya tetap menjunjung tinggi apa yang menjadi keputusan gubernur.

“Jabatan adalah kepercayaan. Kita melamar, kalau yang dilamar tidak mau kita juga tidak bisa memaksakan. Mungkin Tuhan berencana lain. Yang terpenting kita sudah mencoba untuk ikut,” tambahnya.

Sanada yang disampaikan oleh Mohammad Raffles, calon sekda yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Rejang Lebong. Dirinya juga akan berpikir ulang untuk ikut atau tidak ikut daftar ulang seleksi sekda ini. “Ya nantilah kalau itu, daftar atau nggak. Yang jelas kami tidak mau banyak omong dulu,” ungkap M Raffles.

Raffles juga memaklumi apa yang menjadi keputusan gubernur untuk membuka ulang seleksi sekda. Sebab, akan memakai sekda juga gubernur. “Kan yang memakai sekda adalah gubernur. Jadi itu hak gubernur,” singkatnya.(151)

Nama-nama Pejabat yang Berpeluang Mendaftar Sekdaprov

PEJABAT KEMENDAGRI

NAMA JABATAN
Ir H Boytenjuri CES Asisten Deputi Penataan Ruang Kawasan Perbatasan Kemendagri
Dr Drs agus Fatoni MSi Kepala Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri
Hadi Supratikta Fungsional Peneliti Pusat Litbang Kemendagri

PEJABAT PEMPROV

NAMA JABATAN
Drs Sudoto MPd Plt Sekdaprov
Iskandar ZO Asisten I Sekdaprov
Edyarsyah SSos Asisten III Sekdaprov
Drs Ali Sadikin Msi Plt Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi
Drs Hamka Sabri Kepala Biro Pemerintahan Provinsi

CALON SEKDA SELEKSI KLOTER PERTAMA

NO NAMA JABATAN
1 Nopian Andusti SE MSp Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan Pemda Bengkulu Selatan
2 Ir H Fachriza MM Asisten I Setda Pemkot Bengkulu,
3 Dr Edi Hermansyah PhD Asisten II Pemkab Bengkulu Tengah
4 Ermina Nurbaiti MM Kepala Inspektur Pemkot Bengkulu
5 Drs Julian Zuherwan Msi Kepala Bappeda Seluma
6 Drs Resman MPd MH Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumatra Barat
7 Mohammad Raffles Kepala Badan Pelaksana Penyuluh Pertanian, Perikanan Dan Kehutanan (BP4K) Kabupaten Rejang Lebong
8 Eri Astiansyah Staf Ahli Bupati Bengkulu Tengah