Status Sungai Kelingi Waspada

LUBUK LINGGAU BE – Pihak  Tagana Kota Lubuk Linggau mengingatkan masyarakat waspada terhadap kondisi aliran Sungai Kelingi yang kondisi debit airnya tidak menentu. Sebab kondisi cuaca yang ekstrim sekarang dikhawatirkan debit air meningkat drastis dan menyebabkan banjir bandang.

Pembinan Tim Tagana Kota Lubuklinggau, Indra Syafei mengatakan pihaknya saat ini menetapkan kondisi aliran Sungai Kelingi di wilayah Lubuklinggau dengan status waspada. Sekaligus mengingatkan masyarakat di dekat aliran sungai Kelingi seperti di wilayah Kelurahan Ulak Surung dan para pemancing di sungai untuk meningkatkan kewaspadaan. Termasuk pengguna sarana olahraga di Sungai Kelingi.

“Kenapa saya sebut cuaca ekstrim? Karena kondisi cuaca yang tadinya panas, tiba-tiba debit hujan tinggi. Sehingga debit air Kelingi fluktuatif disinyalir menyebabkan air bandang yang datang dari daerah hulu sungai,” ujar Indra.

Menurutnya, banyak faktor penyebab terjadinya air bandang di aliran Sungai Kelingi. Salah satu diantaranya diduga akibat ulah tangan manusia sendiri yang dibagian Hulu disinyalir tidak ada lagi pohon penyangga. Sehingga air bandang datang dengan tiba-tiba dan menggenangi pemukiman dipinggiran sungai.

Untuk itu pihaknya melakukan langkah antisipasi menyebar 53 anggota tagana diposko bencana disejumlah Kecamatan dan Kelurahan. Bahkan menempatkan sejumlah peralatan diantaranya perahu karet untuk memberikan pertolongan.

“Kami juga ingatkan masyarakat dengan kondisi cuaca ekstrim saat ini untuk waspada bencana angin puting beliung da berdasarkan pemetaan yang dilakukan pihaknya. (222)