Soal UN SMK Kurang

IMG_6067 - Copy

TAIS, BE- Hingga jelang Ujian Nasional (UN) Senin (13/5) hari ini, terdapat kekurangan 1 dus naskah soal ujian praktek bagi siswa SMK. “Dalam berita acaranya memang terdapat kekurangan satu boks soal UN untuk SMK. Semulanya telah disampaikan, namun hingga minggu ini tak kunjung sampai, ” tegas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muksir Ibrahim SPd.
Disampaikan, sehingga saat penerimaan soal beberapa hari lalu laporan telah langsung kita sampaikan ke Panitia UN provinsi. Alhasil kekurangan soal ujian praktek untuk SMK ini akan disusulkan. Hanya saja hingga saat ini soal UN praktek bagi siswa SMK tersebut tak kunjung tiba. “Memang hingga hari minggu 12/5 naskan doal UN untuk ujian praktek SMK belum tiba. Namun kemarin pihak panitia UN Provinsi mengutarakan jika hari Senin (13/5) akan dikirim ke Diknas,” sampainya.
Disampaiakan, kekurangan ini terjadi setelah panitia UN Seluma memeriksa sejumlah kiriman soal dan lembar jawaban UN dari pengiriman pihak panitia Provinsi. Setelah diperiksa satu persatu ternyata ditemukan kekurangan pada naskah soal UN praktek bagi siswa SMK. Beruntungnya pelaksanaan UN praktek pada siswa SMK ini dilaksanakan, Kamis (14/5) sehingga masih memiliki batas waktu lama untuk menambah kekurangan.
“Beruntung kekurangan naskan soal praktek UN untuk SMK pelaksananya di hari terakhir dan beruntung saat ini telah selesai dicetak dan tinggal pengiriman semata,” bebernya.
Diketahui, jika seluruh kebutuhan terutama soal dan lembar jawaban sebanyak 51 duss dan 1 dus serta soal Susulan 3 dus telah tiba di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Seluma. Untuk menjaga keaslian Soal dan lembar jawaban untuk sementara dititipkan di 5 Polsek yang berlokasi di kabupaten Seluma, setelah sebelumnya dibagi ke 17 sekolah penyelenggara UN dan sati sekolah nginduk dalam pelaksanaan UN.
Menurutnya, untuk soal tersebut terdiri dari 25 dus soal dan lembar jawaban untuk SMA/MA, 6 dus soal dan lembar jawaban untuk SMK, 17 dus soal dan lembar jawaban untuk Ujian Paket C. Serta 3 dus soal dan lembar jawaban untuk soal susulan/cadangan dan 1 duss soal. Sedangkan keseluruhan untuk sementara ini soal UN dan lembar jawaban saat ini telah diamankan di Polsek terdekat. “Sehingga setiap harinya dalam pelaksanaan UN sekolah-sekolah harus menjemput soal dan lembaran jawaban ke Polsek. Dan pengawalan kepolisian saat menuju pemeriksaan di Bengkulu,” terangnya.(333)