Soal UN Disimpan di Ruang Kapolsek

CURUP, BE – Untuk menjaga kerahasian soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMA Sederajat di Kabupaten Rejang Lebong, pihak Polres Rejang Lebong memberikan pengamanan yang maksimal. Menurut Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIk melalui Kabag Ops Kompol Rusdi SH, selain disimpan di Mapolres Rejang Lebong, sejumlah soal akan disimpan di Polsek-Polsek yang ada di Rejang Lebong. Bahkan untuk ditingkat Polsek, penyimpanan soal akan dilakukan langsung di ruangan Kapolsek untuk menjaga kerahasiaannya.
“Dengan disimpannya di ruang Kapolsek, maka yang memegang kuncinya hanyalah Kapolsek saja sehingga kerahasiaan dan keamanan soal lebih terjamin,” ungkap Kabag Ops disela-sela penerimaan soal UN di kantor Dinas Pendidikan Rejang Lebong, kemarin (9/4).
Menurut Rusdi, dalam pengamanan soal UN setelah tiba di Rejang Lebong kemarin, penyimpanan akan dilakukan di beberapa lokasi. Untuk sekolah yang ada di wilayah kecamatan yang ada di seputaran Kota Curup, soal UN akan disimpan langsung di Mapolres Rejang Lebong. Sedangkan untuk yang berada di luar Kota Curup, akan disimpan di Polsek-Polsek sesuai dengan wilayah hukum sekolah itu berada.
Sementara itu, untuk segi personil sendiri, Kabag Ops menjelaskan, untuk pengamanan soal UN dan pelaksanaan UN sendiri, pihaknya menerjunkan sebanyak 225 personil baik dari Polres Rejang Lebong maupun seluruh Polsek yang ada di Rejang Lebong.
“Untuk pengamanan saat pelaksanaan UN sendiri, kita akan menerjunkan personil dengan pakaian preman, hal tersebut dilakukan untuk mengurangi dampak psikologis siswa yang mengikuti ujian,” jelas Rusdi.
Sementara itu untuk, jumlah personil yang diturunkan sendiri pada saat ujian, menurut Rusdi bervariasi tergantung dari jumlah siswa yang mengikuti ujian disekoah tersebut, namun menurut Rusdi dalam satu ruangan ujian akan diawasi oleh dua atau satu petugas kepolisian.
SOal ujian untuk SMA Sederajat di Kabupaten Rejang Lebong tiba pada Kamis (9/4) pagi. Soal tersebut dibawa menggunakan mobil box milik PT POS Indonesia. Saat tiba di Kantor Dinas Pendidikan Rejang Lebong masih tersegel dan digembok dengan Rapi. Sebelum dibuka Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong Zakaria Effendi MPd bersama perwakilan dari pihak kepolisian dalam, dalam hal ini Kabag Ops Kompol Rusdi SH bersama perwakilan lainnya melakukan pengecekan untuk memastikan bahwa segelnya masih utuh. Setelah dipastikan utuh kemudian mobil baru dibuka. Setelah dibuka ditahui bahwa jumlah soal untuk pelajar SMA dan MA sebanyak 41 kardus, kemduain untuk tingkat SMK sebanyak 16 kardus dan 7 kardus untuk siswa paket C. Selain itu terdapat 4 kardus untuk soal susulan dan 2 keping VCD.
Setelah dilakukan penyerahan kepada masing-masing sekolah kemudian soal bersama lembar jawaban kembali diserahkan kepada pihak kepolisian untuk disimpan di Polres maupun Polsek yang ada di Rejang Lebong dengan Rincian di Polres Rejang Lebong sebanyak 52 dus yang terdiri atas 44 dus untuk SMA Sederajat dan 8 dus untuk soal paket C. Kemudian POlsek Curup sebanyak 4 dus, Polsek Bermani Ulu sebanyak 4 dus, Polsek Sindang Kelingi sebanyak 2 Dus Polsek Padang Ulak Tanding sebanyak 5 dus dan Polsek Kota Padang sebanyak 3 dus.
Pelaksanaan UN tingkat SMA Sederajat di kabupaten Rejang Lebong akan dimulai pada Senin (13/4) ini. jumlah peserta yang akan mengikuti UN ini sebanyak 3136 pelajar yang tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. (251)