Soal Simulasi UNBK SMA Essai

BENGKULU, Bengkuli Ekspress – Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) jenjang SMA/MA tahap II mulai dilakukan. Saat mengerjakan soal mata pelajaran matematika dihari pertama simulasi, kemarin (7/2). Para siswa/siswi kelas XII mengeluhkan kesulitan menjawabnya. Karena ada soal berbentuk essai.
Salah seorang siswa, Amelia siswa jurusan IPA SMAN 8 menuturkan, pelaksanaan simulasi UNBK membuatnya grogi. Walau pelaksanaannya lebih transparan, namun dia masih merasa nyaman dengan Ujian Nasional Berbasis

Kertas Pensil (UNKP). Meski begitu, Amelia mengaku mampu mengerjakan seluruh soal yang tampil dilayar.
Pada hari pertama simulasi UNBK itu mata pelajaran yang diujikan bahasa Indonesia dan matematika. Ujiannya digelar dalam satu waktu dengan jumlah soal 20 untuk bahasa Indonesia, 15 matematika dan 5 soal essay.

” Khusus essay soalnya cukup sulit dan berbentuk materi matrik, logaritma dan lainnya,” katanya.
Keluhan yang sama diungkapkan siswi SMAN 8 Niken. Menurutnya, soal matematika cukup membutuhkan waktu panjang untuk menjawabnya. Selain itu, harus menghitung menggunakan kertas buram dan juga harus penuh kehati-hatian menjawabnya.

Kepala SMAN 8 Kota Hazwan Honi MPd menuturkan, pelaksanaan UNBK di sekolahnya kali pertama dilakukan. Perangkat komputer pun masih meminjam milik walimurid.
“Alhamdulillah berjalan lancar,” katanya.

Menurut Kepsek, pada awal pelaksanaan simulasi UNBK kemarin diwarnai pemadaman listrik. Meski begitu simulasi tak terganggu, karena sekolah sudah menyiapkan genset dari bantuan komite sekolah. (247)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*