SMP Trans Karang Kayo Kekurangan Guru

Guru

PINO RAYA, BE – SMPN UPT Trans Karang Cayo, Desa Karang Cayo, Pino Raya, mengalami kekurangan guru. Hal ini membuat proses belajar mengajar di sekolah menjadi kurang maksimal.

Ilyas Pikal salah satu guru di SMP ini yang merupakn tenaga pendidik mata pelajaran Agama Islam mengaku sudah mengabdi sejak tahu 2011. Hanya saja jumlah gurunya sangat sedikit.

“Dari dulu sampai sekarang guru di SMP ini sangat sedikit, saat ini hanya ada 4 guru,” katanya.

Menurut Ilyas, terjadinya kekurangan guru ini diduga kuat karena sekolahnya berada di tempat terpencil dengan jalan menuju ke lokasi masih tanah dan berlumpur. Sehingga mereka enggan mengajar di sekolah ini. Sehingga dengan jumlah guru yang hanya 4 orang, mereka harus mengajar siswa kelas 7 hingga kelas 9 yang jumlahnya 29 siswa. Bahkan satu guru hingga mengajar lima mata pelajaran.

“Dengan kondisi siswa tiga kelas, minimal kami butuh 8 guru, sebab dengan 4 guru saja, ada guru yang mengajar hingga 5 mata pelajaran,” keluhnya.

Dengan kondisi guru yang sangat sedikit tersebut, dirinya berharap Dinas Pendidikan BS dapat menambah guru di sekolah tersebut dengan menempatkan guru ke sekolah itu. Sehingga proses belajar mengajar bisa semakin maksimal. Sebab selama ini, dengan lima mata pelajaran yang diajarkan satu guru, maka ilmu yang didapat siswa tidak akan maksimal. Sebab guru tidak akan menguasai semua mata pelajaran tersebut.

“Kami sangat berharap, Pemda BS dapat menempatkan guru lagi ke sekolah terpencil ini, sehingga kegiatan belajar mengajar bisa lebih maksimal,” harap Ilyas. (369)