SMKN 1 dan SMKN 3 Dominasi Juara LKS

SMK 3 Bengkulu
Penyerahan piagam kepada pemenang lomba Kompetensi Siswa (LKS) yang dilaksanakan kemarin (12/4). (Foto ENDANG/BE).

BENGKULU, BE – Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat kota Bengkulu, kini diserahkan ke Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS). Kegiatan ini telah digelar selama dua hari dan kemarin (12/4) resmi ditutup. SMKN 1 dan SMKN 3 Kota Bengkulu mendominasi sebagai pemenang lomba ini.

Ketua MKKS SMK Kota Bengkulu Ahmad Bashori kepada BE kemarin (12/4) menuturkan, SMKN 3 dan SMKN 1berhasil tampil sebagai juara 1 pada beberapa lomba sekaligus. (data pemenang selengkapntya, lihat grafis, red).

”Peserta yang dinyatakan sebagai pemenang/juara 1 mewakili kota Bengkulu ditingkat provinsi pada 19 – 22 April mendatang. Mereka akan bersaing dengan kabupaten lainnya. Para pemenang nanti dapat berkoordinasi dengan guru pendampingnya,” kata Ahmad Basori.

Para peserta lomba ini siswa kelas 12, karena aktifitas siswa tersebut di kelas tersebut sudah mulai berkurang. MKKS mentargetkan Kota Bengkulu bisa maju ke tingkat nasional. Dalam hal ini sekolah wajib mendukung siswa.

“Para siswa juga harus belajar, sudah banyak kisi-kisi soal LKS untuk bisa maju hingga tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Solo, Jawa Tengah ” tandasnya.

Lomba yang dilaksanakan meliputi bidang keterampilan, akutansi,biligual secretary, sofware Aplication, Tehnik Komputer JaringanWeb Design, IT Administrasi, Tourist Industry, hotel acomodation post hervest technology, dan lainnya.

“Tidak semua cabang lomba diikuti semua sekolah. Lomba ini ada yang sifatnya antar sekolah dan jurusan ada juga jurusan dalam satu sekolah,” kata Ahmad Bashori.

Karena tidak semua jurusan dimiliki SMK, maka lomba LKS ini digelar ada yang diinternal sekolah ada juga di SMKN 1, dan SMKN 2. Meski begitu dalam pelaksanaan tetap dilakukan profesional dengan melibat juri dari Dunia Industri dan dunia usaha.

Rangkaian LKS, sebelumnya ditangani Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu. Tahun ini murni dilakukan MKKS. Dengan tujuanya untuk menjaring siswa yang kompeten, berkarakter dan kompetitif. (247)

Pemenang LKS

Post Harvest Technologi
1. Sumiati S(MKN 6)
2. Aprilia Intan Asmara (SMKN 6)
3. Selvitamia (SMKN 6)

Hotel Acomodation
1. Hayesno Darwito (SMKN 7)
2. Daniel Aditya Saputra (SMKN 7)
3. Cristina Andriyati (SMKN 7)
Tourist Insutry
1. Khalida Putri (SMKN 1 )
2. Asep Maulana (SMKN 7)

IT Administrasi
1. Himawan Prastawa (SMKN 1)
2. Iqbal Winarto (SMKN 1)
3. Satriya Efriyadi (SMKN 3)
4. Raka Gumbara (SMKN 3)
5. Chenya Kameliyani (SMKN 6)

Web Desaing
1. Zesy Asitya (SMKN 1)
2. Vicent Pritama (SMKN 1)

Sofware Aplication
1. M Hafidz Nauval
2. Agung Nopriansyah

Billingual Secretary
1. Riedha Pebriyanti
2. Esi Fitri
3. Venny Feprianti
1. Pitria Elisa (SMKN 1)
2. Jenny Aulia Pratiwi A (SMKN 1)
3. Agus Dwi Saputra (SMKN 5)
4. Agus Samiaji (SMKN 5)

Cooking
1. Maharani (SMKN 3)
2. Raka Saputra (SMKN 3)
3. Sella Febriana (SMKN 3)

Beuty Therapy Care
1. Fitri Fauziah (SMKN 3)
2. Venny Okaviani (SMKN 3)
3. Okri Monteza (SMKN 3)

Ladies Dressmaking
1. Antika Sari (SMKN 3)
2. Lisa Novita Sari (SMKN 3)
3. Nanda Amelia (SMKN 3)