Siring Tersumbat Penyebab Banjir

siring-tersumbat-penyebab-banjir-mukomuko
BUDI/Bengkulu Ekspress CONTOH: Salah satu contoh siring yang tersumbat membuat rumah warga terendam.

MUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Setiap hujan deras menguyur Mukomuko, khususnya di RT 4 kelurahan Bandar Ratu, Kota Mukomuko sejumlah rumah penduduk dan sekolah di wilayah itu tergenang banjir. Penyebabnya, dikarenakan adanya penyumbatan saluran siring yang mengalirkan air ke Sungai Kecil di lokasi tersebut.

“Penyebab banjir dikarenakan siring yang ada tersumbat, kurang lebar dan tinggi serta penyebab lainnya,” ujar Ketua Rt 4 Kelurahan Bandar Ratu, Nasution dikonfirmasi Bengkulu Ekspress. Menurutnya, beberapa tahun lalu akibat penyumbatan itu pernah dilakukan pembersihan dan pendalaman oleh Pemda melalui SKPD terkait. Hanya saja, saat ini hal yang sama kembali terjadi.

“Siringnya kembali dangkal. Pun dengan gorong – gorong yang banyak tersumbat. Ini harus segera dilakukan pencucian. Supaya air yang mengalir di Sungai Kecil itu lancar dan tidak meluap ke rumah penduduk dan fasilitas umum, seperti sekolah di wilayah tersebut,”katanya.

Ia mengharapkan, dinas dan instansi terkait tidak membiarkan hal tersebut berlangsung lama, tetapi segera dilakukan penanggulangan. Ini tidak lain untuk menghindari puluhan rumah penduduk kembali terrendam. Termasuk salah satu sekolah dasar setiap terjadinya banjir menganggu aktifitas belajar dan mengajar.

“Wilayah kami ini langganan banjir hingga menganggu aktifitas,” ungkapnya. (900)