SIMAK! Kaum Perempuan perlu Waspada Serangan Jantung

301254_ilustrasi-wanita_663_382AMERIKA–Serangan jantung pada wanita sering memiliki penyebab dan gejala yang berbeda dari pria. Ini pun juga memiliki risiko kematian.

Ini berdasarkan pernyataan ilmiah dari American Heart Association (AHA) yang berharap para wanita meningkatkan kesadaran tentang perbedaan kunci dalam indikator serangan jantung. Termasuk melakukan pengobatan.

“Wanita yang tidak mengenali gejala serangan jantung mereka tidak akan mencari perawatan medis yang diperlukan,” kata profesor kardiologi di University of California, Los Angeles, dr. Gregg Fonarow, seperti dilansir laman Safebee.

Menurutnya, di seluruh dunia, penyakit kardiovaskular adalah penyebab utama kematian bagi wanita. Sejak 1984 di Amerika Serikat, penanganan serangan jantung telah meningkat untuk wanita

” Penundaan dalam perawatan ini berkontribusi terhadap peningkatan kematian lebih tinggi yang dialami oleh wanita. Terutama wanita yang lebih muda,” imbuh Fonarow.
Namun, tingkat kematian jantung di antara perempuan masih melebihi kematian jantung pada pria.

” Bukti ilmiah saat ini menunjukkan kesenjangan dalam pengetahuan dan membahas kebutuhan untuk penelitian lebih pada wanita,” kata direktur program kesehatan kardiovaskular perempuan di Ohio State University Medical Center, dr. Laxmi Mehta.

Mehta tahu secara langsung bahaya yang ditimbulkan penyakit jantung pada wanita.

” Saya terinspirasi untuk menulis pernyataan karena nenek saya meninggal akibat serangan jantung pada usia 60 tahun dengan tidak ada gejala yang khas,” katanya. (fny/jpnn)