Sikapi Keluhan Masyarakat, Komisi I DPRD Kota Bengkulu Sidak E-KTP

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menanggapi banyaknya laporan masyarakat yang mengeluhkan lambannya proses pembuatan E-KTP, dan menyikapi laporan masyarakat tentang adanya isu pungutan liar (Pungli) dalam proses pembuatan E-KTP. Hari ini (20/10/2015) Komisi I DPRD Kota Bengkulu, menggelar sidak di kantor Kantor Dukcapil Kota Bengkulu dan Kecamatan Muara Bangkahulu.

Dalam Sidak yang dipimpin langsung oleh ketua komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hj. Magdhaliansi, SH, MH, didampingi oleh anggota komisi , Zulaidi beserta rombongan staf Komisi I DPRD Kota Bengkulu lainnya ini, para wakil rakyat ini melakukan pengecekan langsung dilapangan untuk mengetahui penyebab lambannya proses pembuatan E KTP.

IMG_20102015_130955  IMG_20102015_115349” Setelah kita lakukan sidak ke kantor dukcapil, ternyata inti dari permasalahan lambannya pembuatan E KTP yaitu adanya keterbatasaan dari tenaga untuk mengolah data penduduk, karena saat ini pihak Dukcapil Kota Bengkulu hanya memiliki satu orang tenaga khusus untuk cetak E KTP,” ujar Ketua Komisi I DPRD Kota Bengkulu, Hj. Magdhaliansi,SH, MH, saat memberi keterangan kepada bengkuluekspress.com, di halaman kantor Dukcapil selasa siang.

Ditambahkan Hj. Magdhaliansi, sejauh ini pihak Dukcapil telah mengusulkan ke pusat agar dapat menambah jumlah tenaga khusus pengolahan data cetak E KTP. Disamping itu, keterlambatan proses pembuatan E KTP tidak hanya disebabkan kurangnya tenaga pengolah data saja, namun juga ada masalah teknis lain yaitu adanya pengalihan sinyal dan pergantian provaider yang mengakibatkan pencetakan ini menjadi lambat. “Kita berharap pihak Dukcapil cepat mengatasi masalah ini,”.

Sementara itu terkait adanya laporan masyarakat tentang adanya pungutan liar dalam proses pembuatan E KTP di kantor Camat Muara Bangkahulu. Camat Muara Bangkahulu melalui Sekretaris Kecamatan, memastikan bahwa sejauh ini pungutan liar tidak pernah terjadi dalam proses pembuatan E KTP.

Selain sidak masalah E KTP, pada kesempatan yang sama Komisi I juga mendatangi kantor Kepala Dinas sosial Kota Bengkulu dan Panti Asuhan bunga harapan Kota Bengkulu. Kunjungan tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti anggaran yang telah diberikan kepada Dinas Sosial Kota Bengkulu. (Andri/Adv)