Siapkan Ruang Perawatan Sementara Untuk Penderita Gangguan Jiwa

evakuasi-korban-pasung-bupatiKOTA MANNA, BE – Bupati Bengkulu Selatan (BS), H Dirwan Mahmud SH mengaku prihatin dengan banyaknya warga BS yang mengalami gangguan jiwa, apalagi yang sampai dipasung.

Sebab itu Dirwan berencana menyiapkan ruangan rawat sementara khusus orang gangguan jiwa di Rumah Sakit Umum Daerah Hasanuddin Damrah (RSUDHD) Manna BS.

Jika ada ruang rawat sementara, kata Dirwan, penderita gangguan jiwa tidak perlu dipasung, melainkan langsung dibawa ke RSUDHD Manna untuk perawatan sementara sebelum dibawa ke ke Rumah Sakit Jiwa dan Ketergantungan Obat (RSJKO) Bengkulu.

“Ruang rawat sementara itu untuk persinggahan sebelum pasien dibawa ke RSJKO Bengkulu sambil menyiapkan persyaratan administrasi,” ujarnya.

Bupati menambahkan, kedepan dirinya akan menganggarkan dana untuk rehabilitasi korban pasung di BS. Sehingga ketika ada warga gangguan jiwa dapat langsung dirawat di rumah sakit dengan biaya perawatan ditanggung pemda BS.

“Kedepan saya akan anggarkan biaya rehabilitasi korban pasung di BS bagi warga miskin, agar jika ada orang gangguan jiwa tidak lagi dipasung namun bisa segera direhabilitasi,” demikian Dirwan. (369)