Server Rusak, 6.932 Warga Rekam Ulang


ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bengkulu Utara (BU), terpaksa melakukan perekaman ulang sebanyak 6.932 warga yang telah melakukan perekaman KTP-el di tingkat kecamatan. Karena server penyimpanan data yang berada di masing-masing kecamatan mengalami kerusakan. Akibatnya, data warga yang telah mereka sejak tahun 2006 lalu hilang.

‘’Memang kita akui terjadinya kerusakan parah pada server perekaman KTP-el di beberapa kecamatan. Akibatnya, data warga yang sudah merekan hilang,’’

ujar Kadisdukcapil BU, Juhirjo SH MM kepada BE ditemui di ruang kerjanya, kemarin (2/4).
Ia menambahkan, 5 kecamatan yang mengalami kerusakan server dan terpaksa dilakukan perekaman ulang. Yakni, di Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS), Pinang Raya, Batiknau, Kerkap dan Napal Putih.

‘’Ada 5 kecamatan yang datanya hilang dari server dan tengah kita upayakan untuk melakukan perekaman ulang,’’ ungkapnya.
Ia juga menyampaikan, atas hilangnya data itu, pihaknya telah melakukan perekaman ulang dengan turun langsung menemui warga tersebut. Untuk itu, ia juga berharap, pihak kecamatan dan desa dapat pro aktif dalam melakukan perekaman ulang ini.

‘’Silakan ajukan surat ke Dukcapil. Nanti kita akan balas surat itu sesuai jadwal yang ditentukan dari kita. Minimal 50 orang, kita akan turun ke desa untuk melakukan perekaman ulang,’’ terangnya.
Ia mengimbau, bagi warga yang tinggal dekat di Kecamatan Kota Arga Makmur, untuk dapat langsung ke Kantor Dukcapil melakukan perekaman ulang. Kelebihannya, pelayanan akan dilakukan selama 1 jam, dan KTP-el sudah bisa di bawa pulang.

‘’Lebih baik lagi datang langsung ke kantor Dukcapil, karena, bisa langsung cetak KTP-el,’’ tuturnya.
Disamping menyelesaikan perekaman ulang, ia menyebutkan, juga tengah menyelesaikan seluruh perekaman KTP-el sesuai target di tahun 2018. ‘’Kita juga mengupayakan seluruh warga yang wajib KTP di Kabupaten Bengkulu Utara sudah memiliki KTP-el. Ini untuk persiapan Pemilu 2019 mendatang,’’ pungkas Juhirjo. (816)