Seribu Tukik Tiap Tahun

RIO-BKSDA BERSAMA SISWA TK LEPAS TUKIK (4)BENGKULU, BE – Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah Bengkulu melepas 5.000 ekor lebih tukik di sepanjang Pantai Bengkulu. Pelepasan tersebut merupakan gerakan konservasi penyu yang digalakan BKSDA demi menjaga habibat hewan laut .

Kepala Kantor Wilayah BKSDA Bengkulu Anggoro Dwi Sujiarto mengungkapkan pelepasan anak penyu telah dilakukan sepanjang pantai Bengkulu mulai dari Kabupaten Kaur hingga Mukomuko dengan total lima ribu lebih. “Pelepasan selalu kita lakukan di Kabupaten Kaur sampai Mukomuko. Sekarang kita sudah memiliki penagkaran penyu di Kabupaten Kaur untuk tetap menjaga kelestariannya,” tegas Anggoro.

Ia mengatakan jika selama ini pihak telah menarget minimal 1.000 tukik setiap tahunnya dilepas kelaut. Pelaksaan program gerakan konservasi Penyu sudah dilaksanakan sejak lima tahun lalu. “Untuk saat ini jumlah yang telah dilepas sejak lima tahun lalu sudah lebih dari lima ribu,” kata Anggoro.

Ditambahkannya selain melakukan konservasi dengan penangkaran penyu, BKSDA juga mengenalkan tukik kepada anak-anak taman kanak-kanak dengan tujuan anggaran generasi penerus nantinya memiliki kepedulian untuk penyelematan hewan laut tersebut. “Kegiatan ini juga melibatkan anak-anak selain sebagai objek belajar mereka kedepannya dapat menumbuhkan rasa kecintaannya terhadap hewan laut seperti Penyu ini,” tuturnya.

Kemarin (9/10) bertempat di kawasan Pantai Taman Wisata Alam (TWA), BKSDA dan jajaran dengan melibatkan puluhan anak Taman Kanak-Kanak melepaskan 48 ekor tukik. Dengan harapan nantinya tukik tersebut dapat kembali ke darat setelah dewasa untuk bertelur. “Harapan kita kedepannya sepanjang pantai ini akan dipenuhi Penyu untuk bertelur, sehingga setiap tahunnya minimal 1000 ekor tukik kita lepas ke laut,” tutup Anggoro. (320)