Serahkan Senjata Peninggalan Perang, Kodim Berikan Penghargaan

penyerahan senjata BUARGA MAKMUR, BENGKULU- Tatang Syuryadie H SP yang berstatus PNS di Dinas TPHP Bengkulu Utara serta Johan Manan pensiunan guru warga Desa Karang Anyar II Kecamatan Kota Arga Makmur secara suka rela datang ke Kodim 0423/BU. Kedatangan kedua warga ini dalam rangka menyerahkan 2 pucuk senjata api laras panjang peninggalan perang kemerdekaan mempertahankan NKRI dari para penjajah di sekitar wilayah Kabupaten Bengkulu Utara.

”Iya. Memang tadi ada 2 orang warga yang datang ke Kodim untuk menyerahkan 2 pucuk senjata api peninggalan perang,” ujar Dandim 0423/BU, Letkol Czi Syaiful Rachman SE, kepada Bengkulu Ekspress, Selasa (7/11).
Dandim menambahkan dua senjata laras panjang ini berjenis Caraben buatan tahun 1928 dan jenis Mauser No seri 810167 yang juga buatan tahun 1928. Tak hanya itu, kedua warga itu juga menyerahkan 34 butir amunisi Bren, 29 amunisi Mauser dan 16 butir amunisi Pistol Metraluid (PM).

”Proses penyerahan sekitar pukul 15.30 Wib tadi,” ungkap Dandim. Setelah menyerahkan senjata dan amunisi, Dandim memberikan penghargaan berupa piagam atas partisipasi terhadap kedua warga tersebut. Kemudian, kedua senjata akan dibawa ke Korem 041/Gamas Bengkulu.

”Piagam ini sebagai bentuk apresiasi dari kita atas partisipasi warga yang telah menyerahkan senjata peninggalan sejarah untuk diteliti dan dipelajari sebagai tambahan wawasan sejarah bagi bangsa ini,” terangnya.

Dandim juga mengajak warga lainnya yang masih menyimpan benda bersejarah untuk dapat diserahkan kepada negara. (jul)