Sengon Tetap Prioritas

KEPAHIANG (1)
KEPAHIANG, BE – Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kepahiang terus memprioritaskan pengembangan tanaman sengon. Program budidaya kayu tersebut dinilai makin memeiliki potensi besar untuk dikembangkan.
“Selain karena iklim dan topografi di Kepahiang menjanjikan pembudidayaan sengon. Sengon juga dicari masyarakat dunia sebagai kayu ramah lingkungan,” ujar Kadis Dishutbun Kepahiang, Ir Ris Irianto MSi.
Menurutnya, budidaya sengon yang ramah lingkungan memiliki pangsa pasar sendiri, dan negera didunia memang mencari kayu olahan dari hasil budidaya bukan penebangan pohon di hutan. “Terlebih, di Kepahiang merupakan daerah yang tepat untuk pengembangan sengon ini sehingga memang sangat pas sekali sengon ini kita kembangkan di Kepahiang,” katanya.
Dikatakannya, terkait budidaya sengon ini pihaknya sangat mengharapkan ada suport anggaran dari Pemkab Kepahiang. Walaupun ada beberapa mata anggaran yang disuport dari Kementerian Kehutanan soal pengembangan sengon ini. “Harapan kami anggaran sengon dalam APBD Kepahiang jangan dipangkas lagi oleh pihak dewan. Kalaupun dipangkas, kami yakin banyak sumber pendanaan lain untuk pengembangan program sengon,” tandasnya. (505)