Semua Wanita Beresiko Kena Kanker Serviks

kanker-servik

CURUP, BE– Kanker serviks atau kanker leher rahim saat ini menjadi ancaman serius bagi kaum wanita. Karena semua wanita beresiko terkena kanker yang saat ini disebut-sebut sebagai pembunuh wanita nomor 1 di dunia.

“Semua wanita sangat beresiko terkena kanker serviks ini,” ungkap Ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, Hj Fitri Hertikasari Hijazi SE saat membuka acara sosialisasi kanker serviks dan pencegahannya yang dilaksanakan TP PKK Kabupaten Rejang Lebong bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Curup diruang Pola Pemkab Rejang Lebong, kemarin (16/11).

Mengingat akan bahaya dari kanker serviks itu sendiri, maka menurut Bunda sapaan akrab ketua TP PKK Kabupaten Rejang Lebong, TP PKK Kabupaten Rejang Lebong menggelar kegiatan kemarin. Dengan harapan bisa meminimalisir jumlah penderita kanker serviks di Kabupaten Rejang Lebong Lebong. “Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan yang kedua kalinya, setelah pada Bulan Juli lalu kita melaksanakan hal yang serupa,” sampai Bunda.

Dengan adanya kegiatan kemarin, bunda berharap peserta yang hadir bisa menyampaikan informasi yang mereka dapat kepada masyarakat Rejang Lebong lain yang belum sempat hadir dalam kesempatan tersebut. Dalam kesempatan tersebut bunda menyampaikan salah satu ciri-ciri seseorang tekena kanker ini adalah terjadinya pendarahan setelah melakukan hubungan suami istri. Dimana hubungan yang dilakukan tersebut, saat yang bersangkutan tidak dalam keadaan menstruasi.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Rizki Lestari SSi Apt AAAK mengungkapkan bahwa kegiatan pemeriksaan atau deteksi dini kanker serviks ini memang sudah menjadi agenda BPJS Kesehatan Cabang Curup. Bahkan tak hanya deteksi kanker serviks, namun juga dilakukan pemeriksaan dini kanker payudara. Dimana untuk deteksi dini kanker serviks dan kanker payudara yang dilakukan BPJS Kesehatan tersebut bisa dilakukan disejumlah Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. “Oleh karena itu, bila ada yang belum sempat melakukan pemeriksaan dalam kegiatan ini, maka bisa melakukan pemeriksaan di sejumlah Puskesmas yang telah kita tentukan,” terang Rizki.

Lebih lanjut Rizki menjelaskan, deteksi dini kanker serviks dana payudara yang dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Curup disejumlah Puskesmas tersebut gratis bagi seluruh peserta BPJS Kesehatan.

Disisi lain, Rizki juga menyatakan kesiapan BPJS Kesehatan Cabang Curup untuk ambil bagian bila ada kegiatan serupa yang akan dilakukan lagi oleh TP PKK Kabupaten Rejang Lebong. Dalam kegiatan sosialisasi kanker serviks dan pencegahannya kemarin, panitia menghadirkan dokter spesialis kandungan sebagai pemateri juga dilakukan pemeriksaan langsung kepada peserta yang hadir.(251)