Semarakkan Festival Tabot, Cagub RM Ikut Arakan Barong Landong

RIdwan Mukti
Cagub Bengkulu RM pada arakan Barong Landong

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Calon Gubernur (Cagub) Bengkulu Ridwan Mukti (RM) ikut menyemarakkan festival Tabot Bengkulu dengan turun langsung dalam arakan Barong Landong, Jumat (23/10/2015). Barong Landong merupakan salah satu kesenian tradisional masyarakat Lembak mirip ondel-ondel dan sudah menjadi icon Provinsi Bengkulu.

Meski panas terik matahari, Calon Gubernur dengan nomor urut satu ini berbaur bersama peserta Barong Landong lainnya berjalan kaki dari depan Balai Adat Melayu Bengkulu hingga ke depan Masjid Jamik Kota Bengkulu. Dalam kesempatan itu, RM juga ditemani Ketua Badan Musyawarah Adat (BMA) Kota Bengkulu HS Effendi.

Hadirnya RM dalam arakan kesenian Barong Landong ini guna memotivasi masyarakat supaya kesenian Barong Landong bisa terus dilestarikan.

“Bahkan kedepan saya mengajukan ada festival Barong Landong,” ucap RM saat diwawancarai wartawan di sela-sela arakan Barong Landong.

Dengan adanya festival Barong Landong, diharapkan RM, dapat menambah antusias masyarakat di daerah lain.

“Tentunya peserta festival dapat turun ke lapangan. Dengan demikian Barong Landong ini tidak hanya dari Tanjung Agung tapi ada dari berbagai Kabupaten dan Kota di Provinsi Bengkulu,” harapnya.

Merasa bagian dari masyarakat Bengkulu, RM memberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya supaya kearifan lokal Barong Landong dan Tabot di Provinsi Bengkulu tetap terjaga.

“Tabot yang sudah naik kelasnya menjadi agenda nasional tentunya patut kita syukuri. Dan kita meminta pada generasi muda juga dapat mengangkat kearifan lokal di Bengkulu ini,” pinta RM.

Dalam arak-arakan itu, sepanjang jalan RM disambut jabat tangan dari penonton yang menyaksikan Barong Landong. (Dil)