Semangat Bahu Membahu Membangun Indonesia

MERIAH: Pesta rakyat Kemerdekaan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-72 berlangsung meriah dan spektakuler.
MERIAH: Pesta rakyat Kemerdekaan dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-72 berlangsung meriah dan spektakuler.Foto: RIO/ Bengkulu Ekspress

PESTA RAKYAT KEMERDEKAAN

SEMARAK kemeriahan perayaan HUT RI ke-72 sangat luar biasa. Salah satunya Pesta rakyat Kemerdekaan dilaksanakan Bengkulu Ekspress Media Group (BEMG), RBTV, dan Pemerintah Provinsi Bengkulu.

Rangkaian kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi pemersatu masyarakat untuk terus mengenang jasa perjuangan para pahlawan serta bahu membahu mengisi kemerdekaan membangun Indonesia.

Kemeriahan Pesta rakyat Kemerdekaan
Kemeriahan Pesta rakyat Kemerdekaan. Foto: RIO/ Bengkulu Ekspress

Plt Gubernur Bengkulu, Dr drh Rohidin Mersyah MMA mengatakan, pihaknya sangat bangga dan berterima kasih kepada Bengkulu Ekspress, karena sudah melaksanakan rangkaian acara peringatan HUT RI ini. Selain itu, Rohidin juga sangat berterimakasih kepada semua elemen masyarakat yang turut berpartisipasi dalam merayakan HUT kemerdekaan Indonesia. “Sesuai dengan tema kemerdekaan RI tahun ini Indonesia bekerjasama, jadi kita semua boleh berbeda satu dan lainnya tapi tetap satu membangun semangat nasionalisme,” ujar Rohidin saat acara Spektakuler Pesta Rakyat Kemerdekaan yang digelar Bengkulu Ekspress di Mess Pemda, Tapak Paderi, kemarin (20/8).

Barongsai
Foto: RIO/ Bengkulu Ekspress

Diungkapkan Rohidin, sesuai tema kali ini adalah Indonesia bekerjasama termasuk masyarakat Provinsi Bengkulu yang bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat untuk menyatukan kekuatan membangun Indonesia yang lebih baik lagi. “Pesan moralnya seperti itu, termasuk perayaan Panjat Pinang ini yang diharapkan dapat menjadi ajang pemersatu masyarakat,” ungkap Rohidin.

Tak hanya Panjat Pinang Spektakuler, dalam rangkaian acara ini juga ditampilkan berbagai macam atraksi budaya mulai dari Barong Sai, Reog Ponorogo, dan Barong Landong yang artinya itu semua memadukan multi budaya yang merupakan kekuatan bersama. “Semangat kemerdekaan itu harus membangkitkan semangat pengabdian untuk seluruh elemen masyarakat bahwa perjuangan merebut kemerdekaan itu luar biasa pengorbanannya, oleh karena itu menyatukan berbagai budaya itu penting,” tambah Rohidin.

Dikatakan Rohidin, amanat tersebut harus dilakukan dengan cara melakukan semangat pembangunan kemasyarakat sehingga esisensi bangsa ini tetap utuh seperti pesan tokoh proklamator Bung Karno yaitu berdaulat secara ekonomi, berdikari secara ekonomi, berdaulat secara politik dan berkepribadian dalam budaya.

“Semangat kemerdekaan harus dipupuk dalam diri, kita harus berjuang untuk mengisi kemerdekaan menjadi lebih bermakna,” tutur Rohidin.

Terakhir Rohidin berharap ke depannya kegiatan-kegiatan seperti ini harus dikembangkan lagi dan harapan kedepan harus terus ditingkatkan lagi agar semua masyarakat mengerti makna kemerdekaan yang sesungguhnya. “Ke depannya kami harap kegiatan positif seperti ini terus digelar bersama agar masyarakat mengerti artinya kebersamaan dan perjuangan untuk kemerdekaan yang tidaklah mudah,” tukas Rohidin.

Sementara itu, Direktur Bengkulu Ekspress Media Grup (BEMG), Sukatno MSi mengatakan, kegiatan ini adalah pesta rakyat yang merupakan rangkaian dari perayaan HUT RI ke 72. Kegiatan yang dilakukan antara lain Panjat Pinang Massal, Senam Massal, Reog Ponorogo dari masyarakat Jawa, Barongsai dari Masyarakat Tionghoa, dan kesenian Barong Landong. “Kegiatan ini adalah perpaduan berbagai budaya dimana tujuannya adalah untuk mempererat hubungan baik masyarakat dengan pemerintah dan stake holder,” ujar Sukatno.

Sukatno juga mengungkapkan ke depannya perayaan HUT RI ini diharapkan akan makin meriah dan terus ditambah dan dimaksimalkan dengan terus melibatkan berbagai pihak sebagai makna dari persatuan. “Kami mengadakan panjat pinang massal agar Pemerintah, SKPD, BUMD, BUMN dan seluruh elemen masyarakat Bengkulu untuk bersatu dalam kesatuan untuk memaknai kemerdekaan secara positif,” tutup Sukatno.

Plt Gub jadi Wasit

Pelaksana Tugas (Plt) Dr drh Rohidin Mersyah MM langsung mencoba untuk menjadi wasit lomba panjat pinang, di lapangan Pantai Panjang, kemarin (20/8)

Sebelum para peserta mulai memanjat, Rohidin tampak memberikan aba-aba sekaligus memberikan semangat. Dengan waktu kurang dari 5 menit, para lima orang peserta pemuda bisa langsung meraih puncak pohon pinang dan mengibarkan bendera diatasnya. “Harus semangat ya, anggap saja kalian sedang berjuang jadi harus kompak dan semangat,” ucap Rohidin saat memberikan aba-aba ke peserta.

Selain itu, Rohidin yang didampingi Ketua DPRD Provinsi dan pejabat lainnya, juga mengunjungi pohon pinang khusus untuk ibu-ibu dengan panjang sekitar 7 meter. Kedatangan Rohidin mengelorakan semangat kaum ibu-ibu ini untuk bekerjasama dalam menyelesaikan tantangan panjat pinang tersebut. Setelah memberikan arahan, Rohidin langsung menghitung 1 sampai 3 dan dengan lincah ibu-ibu ini langsung memanjat pinang. Berbeda dari kaum pria, para ibu-ibu justru mengundang gelak tawa.

Karena meskipun tinggi pohon lebih rendah tetapi sangat sulit ibu-ibu ini untuk menggapai bendera merah putih yang ada puncak pohon pinang. Dan sempat beberapa kali terjatuh bahkan para ibu-ibu rela wajahnya dan pakaiannya terlihat kotor dengan oli dan pasir. “Semangat bu, harus semangat, harus bisa,” kata Rohidin memberikan motivasi kepada peserta.

Rohidin mengatakan, sesuai dengan usia negara Indonesia pemerintah Provinsi Bengkulu bersama Jajaran Media Bengkulu Ekpress (BE) dan RBTV menggelar lomba panjat pinang sebanyak 72 batang.

Pelaksanaan ini digelar di 2 lokasi, 52 batang di kawasan Pantai Panjang, dan 20 batang di lapangan Mess Pemda Tapak Paderi. Sebelumnya, Rohidin juga memberikan hiburan dengan meminta masyarakat untuk menjawab 3 pertanyaan, seperti menyanyikan lagu Berkibar Bendera, Pencipta lagu Hari Merdeka, dan tanggal HUT Provinsi Bengkulu. Dan masing-masing yang bisa menjawab mendapatkan hadiah khusus dari Plt Gubernur. (805/999)