Semalam di Serawai, Bangkitkan Semangat Kebersamaan

Plt Gubernur Bengkulu memperagakan Tari Andun suku Serawai.
Plt Gubernur Bengkulu memperagakan Tari Andun suku Serawai.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Anggota DPD RI Dapil Bengkulu, Ahmad Kanedi yang akrab disapa Bang Ken menggelar pertunjukan seni budaya yang bertajuk ‘Semalam di Serawai’ di kediaman pribadinya di Kota Bengkulu, Senin malam (03/07/2017). Pertunjukan yang dimulai pukul 20.00 WIB tersebut dihadiri oleh Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Tokoh Masyarakat Serawai dan ratusan masyarakat umum.

Beragam pertunjukkan seni budaya Serawai menghibur para undangan yang hadir. Dimulai dengan Tari Rendai dan Tari Andun diiringi dengan musik bedindang memecah suasana malam itu.

Tak ketinggalan Bang Ken dan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ambil bagian dalam pertunjukan. Mereka berdua memperagakan Tari Rendai, bersilat dengan tangan kosong.

Dikatakan Rohidin, kegiatan Semalam di Serawai yang diinisiasi oleh Bang Ken, selain memberikan hiburan kepada masyarakat juga memberikan pesan moral untuk saling menghormati, menghargai, menyayangi dan menumbuhkan kebersamaan.

“Ini nilai filosofi dari kita kumpul – kumpul di sini malam ini. Dari yang muda menghargai yang tua, yang tua menyayangi yang muda maka akan menumbuhkan kebersamaan,” sampai Rohidin.

Sementara itu, Bang Ken mengatakan, pertunjukan seni budaya semalam di Serawai menjadi salah satu obat rindu masyarkat Serawai yang merantau ke Kota Bengkulu akan kampung halaman mereka Bengkulu Selatan.

“Mudah – mudahan ini juga bisa membangkitkan semangat masyarakat yang berasal dari serawai sehingga hal – hal yang berkaitan dengan semangat kebersamaan dapat dimakanai dalam gelaran Semalam di Serawai,” ujar mantan Walikota Bengkulu ini.

Suku Serawai adalah suku bangsa dengan populasi terbesar kedua yang hidup di daerah Bengkulu. Sebagian besar masyarakat suku Serawai berdiam di kabupaten Bengkulu Selatan, yakni di kecamatan Sukaraja, Seluma, Talo, Pino, Kelutum, Manna, dan Seginim.

Suku Serawai mempunyai mobilitas yang cukup tinggi, saat ini banyak dari mereka yang merantau ke daerah-daerah lain untuk mencari penghidupan baru, seperti ke Kota Bengkulu, kabupaten Kepahiang, kabupaten Rejang Lebong, kabupaten Bengkulu Utara, dan sebagainya. (Dil)