Seleksi Sekprov Diulang, Tiga Calon dari Mendagri

rio-ket-pers-gubernur-rm-tentang-kinerja-program-pemprov-1
JUMPA PERS: Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH memberikan keterangan terkait dengan diulangnya seleksi Sekprov di Media Center Pemprov, kemarin (7/11). (Foto RIO/BE).

BENGKULU, BE – Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti MH memastikan lelang jabatan Sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov), yang telah digelar beberapa bulan lalu, bakal diulang kembali.

Hal ini dilakukan, atas koordinasi kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), terkait kurang berkompetensinya 8 calon sekda yang telah ikut tahapan seleksi, selama ini. “Kita sudah koordinasi dan disepakati dengan Sekjen Mendagri, untuk dibuka kembali seleksi sekdaprov,” terang RM kepada BE, kemarin (7/11)

Dijelaskannya, 8 calon sekda yang telah dikirim ke Mendagri, kompetensinya kurang baik, dibanding pejabat pemprov. Penilaian gubernur ini lah yang menjadi dasar bahwa seleksi sekdaprov harus diulang kembali. “Harus dibuka ulang seleksinya. Karena untuk sekda definitif tidak bisa langsung tunjuk,” ujarnya.

Dengan dibuka ulang seleksi sekdaprov ini, nantinya ada tiga orang pejabat dari mendagri akan ikut lelang jabat sekdaprov. Dimana 3 pejabat ini langsung mendapat direkomendasi dari Mendagri. Tak hanya itu, gubernur juga meminta kepada pejabat pemprov untuk ikut dalam seleksi calon sekda ini. Sementara 8 calon sekda yang telah ikut seleksi sebelumnya, disarankan kembali mengikuti seleksi ulang. “Nanti ada 3 kompenen yang ikut seleksi ini. Pertama pejabat pemprov, pejabat mendagri dan 8 calon sebelumnya,” tambah RM.

Untuk 3 calon sekda yang berasal dari Mendagri, nantinya tim Panitia seleksi (Pansel) akan menghubungi ataupun mendatangan pejabat tersebut. Direncanakan, pembukaan ulang lelang jabatan sekdaprov ini akan digelar pada akhir tahun 2016 ini. “Kita minta secepatnya. Ya minimal akhir tahun ini sudah selesai seleksinya ditingkat provinsi,” bebernya.

Gubernur menegaskan, seleksi yang dilakukan ditingkat provinsi belum bisa menjamin calon sekda lolos pada tingkat seleksi berikutnya. Karena nantinya calon sekda ini, akan kembali diuji di Kemendagri. Setelah selesai, baru Tim Penilai Akhir (TPA) dari Kepresidenan menguji kembali calon sekda.

“Prosesnya sangat panjang dan terakhir seleksinya nanti, TPA akan menguliti semua kepribadian dan jabatan calon selama ini. Sehingga nantinya, presiden akan menentukan satu pejabat sekda definitif,” tutup RM. (151)