Seleksi Petugas Haji

BENGKULU, BE – Kantor Wilayah Kementerian Agama  Provinsi Bengkulu melakukan seleksi petugas haji kloter dan non kloter  tingkat provinsi.  Kegiatan itu  dilaksanakan di Asrama Haji, dan  di lakukan secara serentak  seluruh provinsi se-Indonesia.   Kepala Bidang Haji dan Umroh Kanwil Kemenag H Zahdi Taher MHI,  disela-sela seleksi, kemarinzna sakit. Mereka ini  dinyatakan telah lulus seleksi administrasi  dan kompetensi pada tingkat kabupaten kota pada awal April 2015 lalu.
“Masing-masing kabupaten/kota diberikan kuota 2 orang, baik itu sebagai petugas Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) maupun Tim Pendamping Haji Indonesia (TPHI), dari 10 kabupaten satu kabupaten tidak lulus administrasi yakni Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, ” katanya.
Dari 18 peserta itu,  terdiri dari  ketua kloter 7 orang, 6 peserta  TPHI, dan 4 orang  TPIHI. Dari jumlah tersebut nantinya akan dibutuhkan  8 orang, formasi  TPHI 3 orang, 3TPIHI dan 2 non kloter.
Adapun materi yang diujikan dalam seleksi ini adalah kompetesi dan wawancara. Bahan materi seleksi yang tersegel dengan baik dan benar diserahkan tim supervisi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU), dan diawasi dari Irjen kemenag.  Sebelum penyerahan, bahan materi ditunjukkan kepada seluruh peserta bahwa dalam keadaan tersegel dengan baik dan benar.
Sementara itu  Inspektorat Jenderal Kemenag, Muhammad Jupri  mengatakan, selama pelaksanaan ujian berjalan dengan lancar.  Pihaknya tengah melakukan seleksi  berkas hingga pemantauan suasana hingga pemberian soal pelaksanaan tes. “Tidak ada kejanggalan-kejanggalan, dan pemberkasan  pun lengkap,” katanya. Menghindari terjadinya lobi untuk  meloloskan seseorang,” tandasnya. (247)