Seleksi GBN Meriah

 

FOTO BERSAMA: Plt Kepala Disparbud Kabupaten Benteng saat melakukan foto bersama pelajar yang meraih juara dalam seleksi GBN tingkat Kabupaten Benteng.
FOTO BERSAMA: Plt Kepala Disparbud Kabupaten Benteng saat melakukan foto bersama pelajar yang meraih juara dalam seleksi GBN tingkat Kabupaten Benteng.

Pelajar Benteng Optimis ke Nasional

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan seleksi Gita Bahana Nusantara (GBN) yang dilaksanakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) berlangsung sukses dan meriah di SMA Negeri 1 Kabupaten Benteng, pada Kamis (29/3) lalu.
Dari 25 peserta yang mengikuti audisi, dewan juri yang berasal dari Provinsi Bengkulu, akhirnya menetapkan 8 (delapan) juara untuk 3 kategori suara. Yakni jenis suara 2 orang jenis Sapran, 2 orang jenis suara Alto, dua orang jenis suara Tenor dan 2 orang jenis suara Bas (selengkapnya lihat grafis,red).

Disparbud Kabupaten Benteng, Gunawan Wibisana SSTP didampingi Kabid Kebudayaan, Hamidah Apriani Ritha SPsi Rita mengungkapkan, seleksi GBN merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan untuk mendapatkan paduan suara saat upacara HUT Kemerdekaan RI di Jakarta.

Sebab itulah, seleksi akan dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari tingkat kabupaten, seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional.

“Pada tahun 2017 lalu, salah satu pelajar Kabupaten Benteng berhasil mengharumkan nama Kabupaten Benteng dengan mewakili Provinsi Bengkulu menjadi salah satu dari anggota paduan suara HUT RI di Jakarta. Sebab itulah, pada tahun ini kami optimis jebolan audisi GBN Kabupaten Benteng kembali menorehkan prestasi hingga ke kancah nasional,” kata Gunawan.

Menurut Gunawan, seleksi GBN merupakan salah satu wadah positif untuk mengembangkan minat dan bakat generasi muda dalam hal tarik suara. Sebab itulah, sambung Gunawan, Pemda Benteng akan memberikan hadiah kepada pelajar yang berhasil maju ke tingkat nasional.

“Kami akan menyiapkan riward berupa uang pembinaan kepada pelajar Kabupaten Benteng yang berhasil maju ke tahap nasional,” tandasnya.

Terpisah, salah satu dewan juri, Nindio mengapresiasi langkah Disparbud Kabupaten Benteng yang telah menyelenggarakan seleksi GBN lebih awal dibandingkan dengan Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu.

“Dengan dilaksanakan lebih awal, juara dari seleksi GBN Kabupaten Benteng diharapkan untuk mempersiapkan diri secara matang untuk menghadapi seleksi GBN tingkat Provinsi Bengkulu pada bulan Juni 2018. Menyisahkan waktu sekitar 2,5 bulan, kesempatan untuk mewakili Provinsi Bengkulu masih terbuka lebar,” kata Nindio. (135/pariwara)