Seleksi Calon Panwaslu 251 Peserta Siap Ikuti Ujian Tertulis

seleksi
BENGKULU, BE – Peroses pemilihan calon panitia pengawas Pemilu  (Panwaslu) Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu terus berlanjut. Setelah melakukan seleksi administrasi 267 orang peserta. Tim seleksi telah menentukan 251 peserta, yang dinyatakan lulus seleksi administrasi tersebut.  Dengan demikian, dipastikan 251 peserta ini berhak maju mengikuti proses seleksi selanjutnya, yakni ujian tertulis, yang bakal digelar 2 Januari mendatang, di gedung LPMP Provinsi Bengkulu, Jalan Zainul Arifin nomor 2 Lingkar Timur Kota  Bengkulu (Depan RS DKT).
“Seleksi administrasi telah kita lakukan dan semuanya telah sesuai dengan instrumen yang ditetapkan sebelumnya. Dari data yang diperoleh, mayoritas mereka yangtak lulus ini karena umur yang kurang dari 30 tahun,” terang  ketua tim Seleksi, Prof Dr H Rohimin MAg, kepada BE, Senin (29/12) kemarin.
Lebih lanjut pria yang juga menjabat selaku Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Provinsi Bengkulu ini menjelaskan, setelah megikuti tes tertulis ini. Para peserta nantinya akan diseleksi lagi untuk dipilih hingga berjumlah 9-12 orang peserta untuk masing-masing kabupaten. “Dalam tes tertulis nantinya tim seleksi akan merengking nilai masing-masing peserta, hingga diperoleh 9-12 orang tiap kabupaten untuk mengikuti tes wawancara,” imbuhnya.
Hanya saja, sebelum proses seleksi wawancara yang dilakukan oleh panitia. Tim seleksi terlebih dahulu akan melakukan uji publik, yakni memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap para peserta yang lolos seleksi administrasi ini.  Untuk memberikan tanggapan ini, masyarakat bisa mengambil formulir yang telah diserahkan tim seleksi, di sekretariat yang berlokasi di Kantor Bawaslu Provinsi Bengkulu, Jalan Indra Giri nomor 1 Padang Harapan, Ratu Agung, Kota Bengkulu (depan masjid Raya Baitul Izzah).
“Kita juga mengimbau kepada masyarakat, untuk memberikan tanggapan meraka kepada para peserta yang telah lolos seleksi administrasi. Ini sangat penting bagi para tim seleksi sebab tanggapan  yang telah disampaikan masyarakat ini akan kita dalami sebagai bahan untuk tes wawancara nantinya, ” jelasnya.
Pada seleksi wawancara natinya, tim seleksi akan memilih sebanyak 6 orang peserta terbaik dari masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Oleh sebab itu, pihaknya akan selektif dalam melakukan seleksi wawancara. Tim akan mencari enam peserta yang terbaik, dan selanjutnya diserahkan ke Bawaslu Provinsi untuk mengikuti seleksi selanjutnya. “Selanjutnya Bawaslu akan menentukan 3 orang untuk menjadi panwaslu kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu.” pungkasnya. (135)

No    KABUPATEN    TOTAL    LULUS    TAK LULUS
1.    Bengkulu Selatan    29    28    1
2    Kaur        17    17    –
3.    Benteng        22    21    1
4    Kota        94    85    9
5    Lebong        21    19    2
6    Rejang Lebong    22    22    –
7    Kepahiang        10    9    1
8    Bengkulu Utara    21    21    –
9    Mukomuko    9    9    –
10    Seluma        22    20    2
JUMLAH            267    251    16