Sekolah Pinjam Laptop ke Siswa, Komputer untuk UNBK Minim

Bengkulu Utara
Ilustrasi: siswa

 

Apr 11, 2017 @ 14:00

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA dihari pertama kemarin (10/4/2017), berjalan lancar, namun keluhan fasilitas komputer masih menjadi kendala bagi 11 sekolah di Bengkulu Utara yang melakasanakan UNBK. Pasalnya, setiap sekolah masih meminjamkan laptop ke siswanya untuk melaksanakan UNBK tersebut.

Kepala SMAN 1 Arga Makmur, Drs Sudirmansyah mengakui masih minimnya sarana komputer di sekolah yang dipimpinnya saat ini. Karena dari 92 sarana komputer dan laptop, sebanyak 52 unit merupakan pinjaman dari siswa.

‘’Kalau kendala UNBK hari pertama ini tidak ada. Hanya saja untuk memenuhi 92 unit kebutuhan komputer, kita masih minjam 52 unit laptop ke siswa,’’ ujarnya kepada Bengkulu Ekspress (BE) ditemui, kemarin (10/4/2017).

Senada juga disampaikan Kepala SMAN 2 Arga Makmur, Drs Kaman. Ia mengaku untuk memenuhi kebutuhan di sekolahnya, pihaknya juga terpaksa meminjam laptop siswa sebanyak 35 unit. Sehingga total komputer dan laptop yang digunakan sebanyak 65 unit.

‘’Kita juga meminjam laptop siswa sebanyak 35 unit guna mencukupi kebutuhan tersebut,’’ ungkapnya.

Terpisah, Koordinator UNBK Kabupaten Bengkulu Utara, Suyanto MPd menyebutkan pelaksanaan UNBK SMA/MA di Bengkulu Utara sebanyak 11 sekolah, yakni SMAN 1 Arga Makmur, SMAN 2 Arga Makmur,  SMAN 1 Padang Jaya, SMAN 1 Lais, SMAN 1 Kerkap, SMAN 1 Ketahun, SMAN 1 Putri Hijau, SMAN 1 Air Besi, SMAN 1 Giri Mulya dan MAN Arga Makmur berjalan lancar.

‘’Dari 11 SMAN/MA yang melaksanakan UNBK, SMAN 1 Air Besi  terpaksa menumpang di SMKN 2 Arga Makmur karena kekurangan fasilitas. Sedangkan jumlah siswa UNBK sebanyak 1.585 peserta,’’ terangnya.

Kemudian, untuk sekolah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP), yakni  SMAN 1 Hulu Palik, SMAN 1 Enggano, SMAN 1 Ulok Kupai, SMA Muhammadiyah Arga Makmur, SMA PGRI Arga Makmur, SMA Tenera, MA Tarbiyah Islamiyah Kerkap, MA Darunnaja, MAN Ketahun, MA Darul Ilmi, MA Al Um, MA Swasta Lais.

‘’Untuk pelaksanaan UNKP ada 3 sekolah yang menginduk ke sekolah lainnya, yakni SMA PGRI Arga Makmur menginduk ke SMA Muhammadiyah Arga Makmur, MA Darul Ilmi dan MA AL Um menginduk ke MAN Ketahun,’’ pungkasnya.(816)