Sekeluarga Keracunan Sayur Kangkung

KERACUNAN Korban saat menjalani perawatan di RSUD Kaur akibat keracunan kankung, Rabu (84)
LUAS, BE– Diduga akibat menyantap sayur kangkung, satu keluarga di Desa Padang Jati Kecamatan Luas Kabupaten Kaur, terpaksa harus mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kaur.
Tiga korban masing-masing Sapuan (36), Rara (7), dan Pajri (4) diduga keracunan usai menyantap sayur kangkung, Selasa (7/4). Kini korban masih terbaring lemas di RSUD Kaur.
“Kami itu satu keluarga keracunan karena makan sayur kangkung yang dibeli ibuk (istrinya) di pedagang keliling kemarin (Selasa),” kata Sapuan saat ditemui BE di RSUD, Rabu (8/4).
Data yang berhasil dihimpun BE, kejadian itu sekitar pukul 11.00 WIB. Berawal dari korban bersama kedua orang anaknya itu menyantap nasi dengan sayur kangkung Selasa sekitar pukul 15.30 WIB. Mulanya tak terjadi apa-apa. Namun berselang sembilan jam kemudian sekitar pukul 00.00 WIB, korban mulai merasakan pusing-pusing dan mual disertai muntah.
Korban bersama istrinya Tuti (35) sempat panik mengetahui anggota keluarganya satu persatu muntah-muntah berat bahkan kemudian pingsan. Mendapati hal tersebut, korban akhirnya terpaksa dilarikan ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kaur. Sesampai di rumah sakait korban langsung mendapat perawatan intensif, dan kini anggota keluarganya mulai membaik kondisinya.
“Alhamdullah sekarang saya sudah enakan dan tidak lagi munta-munta. Tapi anak saya nomor satu ini yang masih belum sadar, karena ia paling banyak makan sayur kangkung itu,” ujarnya.
Ditambahkan Tuti istri korban. Menurutnya, ia membeli sayur kangkung itu satu ikat dengan pedagang keliling di desanya itu. Setelah membeli sayur kangkung dari tukang sayur itu yang tidak disebutkan namanya itu, ia kemudian memasak kangkung itu dengan cara ditumis. Namun setelah memakan sayur itu satu-persatu keluarga kami mengalami sakit perut, hingga muntah-muntah.
“Saya sering beli sayur kangkung itu, tapi baru kali ini lah keracunan. Kalu saya memang waktu itu belum makan, makanya saya tidak keracunan, yang sudah makan itu anak dan suami saya,” ujarnya.
Sementara itu, dokter jaga pada RSUD Kaur Dr Ahmad saat dikonfirmasi mengakui, kalau ketiga pasien yang dilarikan ke rumah sakit adalah satu keluarga, yeng terdiri dari ayah, anak-anak. Namun demikian, ia belum dapat memastikan penyebab satu keluarga itu keracunan dan harus terbaring lemas di rumah sakit. Namun untuk dugaan sementera keracunan karena makan sayur kangkung.
“Kami belum berani memastikan apa penyebabnya, tetapi yang sekarang kami tanggani adalah kondisi emergensinya dulu yakni kekurangan cairannya itu.Tapi dari keterangan korban karena makan sayur kangkung, tapi kondis korban sudah mulai membaik,” pungkasnya.(618)