Sekda Jabat Plh Bupati

Foto : Ass I Setda, Hendri Donal
Foto : Ass I Setda, Hendri Donal

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati Bengkulu Tengah (Benteng) periode 2012-2017 yang habis pada tanggal 17 April (hari ini,red), Pemerintah Provinsi (Pemprov) telah menunjuk pelaksana harian (Plh) Bupati Benteng, yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM.

Informasi yang diperoleh Bengkulu Ekspress, surat keputusan (SK) Plh Bupati akan diserahkan Gubernur Bengkulu, Dr H Ridwan Mukti SH MH melalui Kepala Biro (Karo) Pemerintahan Setda Pemprov Bengkulu, di kantor Bupati Benteng, sekitar pukul 09.00 WIB, Senin (17/4/2017) hari ini.

“Besok (hari ini,red), SK Plh Bupati Benteng akan diserahkan oleh Karo Pemerintahan Setda Pemprov Bengkulu. Tak ada pelantikan maupun pengukuhan, hanya penyerahan s aja,” kata Asisten I Sekretariat Daerah (Setda) Pemda Benteng, Drs Hendri Donal SH MH, kemarin.

Dijelaskan Hendri, penunjukan Plh dilakukan agar jabatan kepala daerah (Kada) tidak terjadi kekosongan kosong sembari menunggu SK caretaker Bupati Benteng yang saat ini masih diproses di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Sesuai dengan aturan jabatan kepala daerah yang kosong karena telah habis masa jabatan, maka akan diisi oleh caretaker,” tambahnya.

Lebih lanjut Hendri Donal menuturkan, penunjukan caretaker merupakan kewenangan penuh dari Pemerintah Provinsi. Sebab itulah, sampai saat ini pihaknya belum bisa memastikan siapa carateker yang nantinya akan mengambil alih kursi kepala daerah di Kabupaten Benteng sembari menunggu pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Benteng terpilih dilantik, yakni pasangan Dr H Ferry Ramli SH MH dan Septi Peryadi STP.

“Siapa caretaker, kita belum tahu, semuanya kewenangan Pak Gubernur. Tempat pelantikan Caretaker nantinya akan dilakukan di gedung daerah Provinsi Bengkulu, bukan di Kabupaten Benteng,” pungkas Hendri Donal.(135)