Sebentar Lagi Sertifikasi Dibayarkan

TAIS, BE – Seluruh guru se-Kabupaten Seluma dari Guru PAUD, SD sampai SMP di Kabupaten Seluma bisa sumringah. Pasalnya, sebentar lagi tunjangan sertifikasi guru segera dibayarkan. Saat ini dana tunjangan sertifikasi Rp 17 miliar sudah masuk ke kas daerah. Proses pencairan tinggal menunggu proses verifikasi data jumlah guru penerima oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Kabupaten Seluma.

“”Untuk penerima 2017 ini kami masih memverifikasi terlebih dahulu. Karena tidak bisa berpatokan dengan data penerima 2016,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispendikbud) Seluma Muksir Ibrahim SPd didampingi Bendahara Pengeluaran Herman SE kepada BE kemarin (12/4).

Disampaikan, data sementara penerima tunjangan sertifikasi 1.185 guru. Sedangkan untuk nonsertifikasi sebanyak 170 orang guru se-Kabupaten Seluma. Data yang diterima ini berdasarkan laporan dari sekolah. Karena sekolah sudah melaporkan data pokok kependidikan (dapodik) ke Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdas Kemendikbud). Kemudian daftarnya disampaikan ke Dispendikbud Seluma oleh sekolah.

“Kemudian yang kami verifikasi di dinas untuk guru yang naik pangkat, yang pindah atau guru yang sudah pensiun. Jelas akan berubah data penerimanya. Kami juga melihat SK dari Dirjen untuk guru yang layak menerima,” tegasnya lagi.

Untuk penerima nonsertifikasi sebanyak 170 orang dana yang sudah disiapkan Rp 333 juta. Dananya juga sudah masuk ke kas daerah. Pembayarannya juga diserentakkan dengan sertifikasi. Dari hasil verifikasi data jumlah penerima nantinya, jika dananya kurang, maka dibayarkan dua bulan dulu untuk triwulan pertama ini. Jika mencukupi anggarannya dibayarkan penuh selama 3 bulan.(333)