Satu Siswa Kembali Ikut UN

BenQ Corporation

CURUP, BE – Jika hari pertama pelaksanaan ujian nasional (UN), 1 orang siswa SMK tidak mengikuti ujian, kemarin siswa SMKS 2 Muhammadiyah tersebut, sudah mengikuti UN.
“Hari ini (kemarin, red) siswa yang dihari pertama kemarin tidak masuk kembali masuk untuk mengikuti ujian,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Effendi MPd.
Menurut Zakaria siswa tersebut tidak masuk pada hari pertama lantaran sakit dan tidak memungkinkan untuk mengikuti UN. Namun dihari kedua kemarin ia sudah sehat dan bisa mengikuti UN di sekolahnya.
“Sebagai pengganti hari pertama ia tidak masuk, maka ia akan mengikuti ujian susulan pada Senin nanti (20/4),” tambah Zakaria.
Dengan kembali masuknya siswa tersebut maka jumlah siswa SMK yang tidak mengikuti ujian nasional sebanyak 27, dimana 20 siswa dan 7 siswi.  Mereka yang tidak mengikuti UN ini karena sudah drop out dari sekolah dengan berbagai alasan.
Sementara itu untuk tingkat SMA dan MA. Zakaria menjelaskan hingga pelaksaan hari kedua UN kemarin, tidak ada siswa yang tidak masuk, kecuali yang memang tidak masuk pada hari pertama pelaksaan UN.  “Untuk tingkat SMA Alhamdulilah tidak ada kendala semua pesertanya masuk atau mengikuti UN dihari kedua ini,” jelas Zakaria.
Untuk tingkat SMA sendiri diketahui bahwa jumlah peserta yang tidak hadir dari hari pertama UN sebanyak 15 orang dengan rincian 7 siswa dan 8 siswi. Sama dengan kasus yang ada di SMK pelajar SMA/MA yang tidak hadir ini lantaran sudah drop out dari sekolah karena berbagai alasan.
Sementara itu, terkait dengan kondisi pelaksaan UN pada hari kedua di Rejang Lebong, menurut Zakaria pelaksanaan UN di Rejang Lebong berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti seperti kekurangan soal dan maupun insiden lainnya.
Sedangkan untuk peserta ujian paket C yang tidak hadir sebanyak 40 peserta. Zakaria memastikan bahwa mereka tidak akan lulus karena sudah tidak ikut ujian dihari pertama dan untuk paket C sendiri tidak ada ujian susulan.
“Untuk peserta ujian paket C yang tidak hadir dihari pertama kita pastikan tidak akan lulus, karena ujian paket C tidak ada ujian susulan, pun mereka mau bisa mengikuti ditahun depan,” ungkap Zakaria.
Untuk diketahui pada tahun 2015 ini jumlah peserta UN tingkat SMA sederajat berjumlah 3.101 peserta yang terdiri dari 1.063 pelajar SMK dan 2.038 pelajar SMA dan MA. Sedangkan untuk peserta ujian paket C di Rejang Lebong yang terdaftar sebanyak 160 peserta. (251)