Satu dari 3 Bayi Kembar Meninggal Dunia

3
MUKOMUKO, BE – Dari tiga bayi kembar asal Desa Sumber Makmur, Kecamatan Sungai Rumbai Kabupaten Mukomuko, satu orang bayi diketahui  bernama Nurlaila (perempuan) meninggal dunia di RSUD M Yunus Bengkulu.
Sedangkan dua bayi kembar lainnya atas nama Nurafis  Maulana (laki – laki) dan Nurhafifah (Perempuan) tengah mendapatkan pelayanan intensif di RSUD M Yunus.
Tolid, orang tua dari bayi kembar tiga dihubungi Bengkulu Ekspress mengatakan, anak keduanya yang bernama Nurlaila meninggal dunia ketika baru tiba dan masuk  di ruang IGD RSUD M Yunus Bengkulu, Sabtu (3/10) sekitar pukul 19.30 WIB.  “Anak kedua saya itu meninggal dunia ketika baru tiba di RSUD M Yunus,” akunya.
Menurut Tolid, meninggalnya satu anaknya  tersebut diduga dikarenakan kelelahan. Karena semalaman harus menempuh jarak yang jauh. Awalnya dari RSUD Mukomuko  sempat dirawat, namun tidak ada pelayanan, bayi itu dibawa lagi ke rumah dan dirawat dengan menggunakan peralatan manual. Seperti lampu dan air panas yang dimasukan ke dalam botol untuk menghangatkan tubuh bayi tersebut.
Melihat kondisi  bayi mengkhawatirkan, katanya,  dibawa lagi ke Puskesmas Ipuh. “Saat tiba di Puskesmas Ipuh. Anak nomor dua semakin lemah. Oleh pihak  Puskesmas dipasang  oksigen dan dirujuk ke RSUD M Yunus Bengkulu. Tiba di rumah sakit di Bengkulu sudah tidak bernapas,” bebernya.
Pada malam itu juga, kata Tolid, jenazah anak keduanya itu oleh keluarga langsung dibawa sanak famili ke Mukomuko untuk dimakamkan. “Saat ini saya masih berada di RSUD M Yunus Bengkulu. Sedangkan anak  kedua yang meninggal  telah dimakamkan di Desa  Sumber Makmur,” ucapnya.
Tolid juga menyampaikan  kekecewaannya  dengan pelayanan di RSUD Mukomuko. Karena  setelah ketiga anaknya  dibawa  ke rumah sakit tersebut, tidak mendapatkan pelayanan. Bahkan inkubator atau tempat penghangat  tubuh bayi tidak berfungsi.
Tolid menambahkan, dua anak kembarnya  yang masih hidup tengah mendapatkan pelayanan yang cukup baik di Ruang Mawar RSUD M Yunus Bengkulu.
Diketahui tiga bayi kembar itu anak dari pasangan Tolid (28) dan Titi Hidayanti (22). Ketiga bayi itu dilahirkan  Jum’at (2/10) malam dari rahim Titi Hidayanti. Anak pertama  lahir sekitar pukul 21.10 WIB jenis kelamin laki – laki dengan berat badan 1,6 Kg, sekitar 20 menit kemudian kembali dilahirkan dua anak sekaligus. Keduanya jenis kelamin perempuan. Satu bayi dengan berat badan 1 Kg dan satunya lagi 2,4 Kg. Bayi kembar tiga itu melahirkan di Poskesdes di desa setempat yang dilayani tenaga bidan.
Plt Direktur RSUD Mukomuko, dr Endris  tampaknya enggan dikonfirmasi terkait pelayanan di RSUD tersebut. Karena berkali – kali dihubungi dan via SMS yang bersangkutan tidak menjawab. Sehingga belum diperoleh klarifikasi terkait tudingan pelayanan yang tidak baik tersebut. (900)