Sapi untuk 6 Poktan

Kabid Peternakan Distanbunak Benteng, Desi Murdianti SPt MSi
Foto : Kabid Peternakan Distanbunak Benteng, Desi Murdianti SPt MSi

BENTENG, BE – Sebanyak 6 kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendapatkan bantuan sapi dari Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (Distabunak) Kabupaten Benteng.

“Tahun ini ada 6 kelompok tani di Kabupaten Benteng yang mendapatkan bantuan sapi,” kata Kabid Peternakan Distanbunak Benteng, Desi Murdianti SPt MSi kepada BE, kemarin (25/2).
Dari 6 Poktan yang mendapatkan bantuan tersebut, dua Poktan akan mendapatkan bantuan sapi khusus untuk bibit yakni sapi betina. Sedangkan 4 Poktan lainnya akan mendapatkan integrasi sapi sawit yang terdiri dari 75 persen sapi betina dan 25 persen sapi jantan.

“Khusus sapi betina akan dikembangkan untuk dijadikan bibit, kalau ada yang cari bibit sapi bisa mendatangi kelompok tersebut,” ungkap Desi.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengusulkan 60 Poktan ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu untuk mendapatkan bantuan sapi. Dari 60 itu hanya 6 Poktan yang mendapatkannya, namun ia belum bisa memastikan Poktan mana yang akan mendapatkan bantuan. Karena penentuannya merupakan kewenangan Disnakkeswan provinsi dengan terlebih dahulu menelaah dan memverifikasi seluruh Poktan yang akan diberikan bantuan.

“Seluruh Poktan sudah kita sampaikan ke provinsi untuk di verifikasi, baik mengenai kevalidan maupun kepastian kekuatan hukum yang dimiliki masing-masing Poktan tersebut. Setelah itubaru sapi bisa dibagikan ke masing-masing kelompok. Diperkirakan pembagiannya pada pertengahan tahun ini,” pungkasnya.(135)