SAMSUNG DAPAT PENGHARGAAN IGI Sukses Tingkatkan Kompetensi 987 Ribu Guru

KangHyun Lee, VP PT. Samsung Electronics Indonesia, menerima penghargaan “The Most Caring Company for Teacher Development 2017”, yang diserahkan oleh Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dan disaksikan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., P.hD.
KangHyun Lee, VP PT. Samsung Electronics Indonesia, menerima penghargaan “The Most Caring Company for Teacher Development 2017”, yang diserahkan oleh Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dan disaksikan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., P.hD.

Jakarta, Bengkulu Ekspress – PT. Samsung Electronics Indonesia (SEIN) mendapatkan penghargaan “The Most Caring Company for Teacher Development 2017”. Penghargaan itu didapatkan dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) atas program Corporate Citizenship “Dari Samsung untuk Guru Indonesia”.

Penghargaan itu diserahkan oleh Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim dan disaksikan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D., pada acara temu nasional dan pengukuhan pelatih nasional IGI 2018. Penyerahan penghargaan itu berlangsung di aula kantor Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Gedung A Lantai 3 – Jl. Jend. Sudirman, Senayan – Jakarta Selatan, Jumat (5/1).

Ketua Umum IGI, Muhammad Ramli Rahim kepada Bengkulu Ekspress menuturkan, ”Kami memberikan penghargaan ini untuk Samsung karena selama 2 tahun terakhir, Samsung telah menunjukan keseriusan dalam mendukung IGI membekali guru-guru dengan keterampilan memanfaatkan gadget.”

Menurut Muhammad Ramli Rahum, program dari Samsung tersebut berfokus pada pelatihan pengembangan kompetensi guru dalam memanfaatkan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di kelas yang lebih menarik dan interaktif.

“Pemanfaatan teknologi dalam metode pengajaran masih menjadi kendala bagi guru di Indonesia, karena keterampilan guru-guru dalam menggunakan gadget masih sangat terbatas. Sebagian besar bahkan belum akrab dengan teknologi. Padahal gadget dan teknologi seperti internet dapat membantu kegiatan mengajar, baik untuk mencari materi, maupun untuk membuat teknik pengajaran lebih menarik dengan penggunaan visual ataupun video.

Hingga hari ini, Program Dari Samsung untuk Guru Indonesia telah sukses membantu IGI melatih 987.000 guru yang tersebar di seluruh Indonesia, serta mengubah mindset mereka sehingga bisa memberikan metode belajar mengajar yang lebih modern dan sesuai perkembangan jaman.

Dalam program “Dari Samsung untuk Guru Indonesia”, Samsung dan IGI bekerjasama menyiapkan kurikulum pelatihan e-learning, pelatihan dasar menggunakan software umum seperti Power Point dan Excel, serta pelatihan literasi. Pelatihan literasi memberikan kesempatan guru untuk menulis secara digital misalnya dalam blog, baik tentang metode pengajaran yang dilakukan ataupun ide-ide teknik pengajaran baru.

Tulisan tersebut kemudian juga diunggah ke dalam situs resmi IGI. Hal tersebut dilakukan untuk menciptakan forum komunikasi antara guru-guru anggota IGI, sehingga semua guru dari Sabang sampai Merauke dapat terhubung untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman praktek terbaik dari daerah masing-masing.

Selain program pelatihan, Samsung juga membangun fasilitas Smart Learning Class, sebuah kelas berbasis ICT (Information and Communication Technology) di kantor pusat IGI di Makassar, untuk digunakan dalam program pelatihan. Kelas ini dilengkapi 23 buah Samsung Galaxy Tablet A8, Samsung Smart TV, hingga koneksi internet dan printer. Terdapat juga 30 buah Samsung Galaxy Tablet A8 yang dapat digunakan secara mobile untuk memfasilitasi Training of Coach, sehingga dapat menjangkau guru-guru di daerah-daerah lain.

Dikesempatan sama, KangHyun Lee, Vice President – Samsung Electronics Indonesia dalam sambutannya menuturkan, ”Kami sangat mengapresiasi penghargaan yang diberikan oleh IGI dan sangat senang program pelatihan ini dapat secara nyata menjangkau hingga ratusan ribu guru.”

Menurut Kang Hyun Lee, pendidikan memang menjadi salah satu fokus dari program Samsung Corporate Citizenship. Selalu berusaha menyesuaikan program dengan kebutuhan di Indonesia, program ini kami khususkan untuk guru-guru, mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatkan kompetensi tenaga ajar.

”Kami berharap pelatihan yang diberikan dapat membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah menjadi lebih menarik, sehingga mendorong murid-murid menjadi lebih semangat belajar dan menciptakan generasi yang penuh inspirasi serta membawa kemajuan bagi bangsa ini,” ujar KangHyun Lee. (edo)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*