Sampah Pasar Ancam Warga

sampah-mukomukoMUKOMUKO, Bengkulu Ekspress – Persoalan sampah pasar yang tersebar di belasan kecamatan di Kabupaten Mukomuko belum teratasi. Ini menjadi keluhan masyarakat, khususnya yang berdomisili di lingkungan pasar. Tidak hanya bau yang tidak sedap, tumpukan sampah mengancam kesehatan masyarakat sekitar. Seperti yang di sampaikan Pemuda Desa Lubuk Sanai, Wahyudi. Ia mendesak, agar sampah harus sesegera mungkin diatasi oleh pemerintah daerah melalui dinas terkait. Karena sampah yang di biarkan menumpuk, sangat mengancam kesehatan warga sekitar.  Contohnya,  ia tinggal di sekitar pasar.  Sampah yang ada  tersebut  di buang sembarangan.

“Tidak hanya bau tidak sedap. Sudah banyak warga yang terserang penyakit dampak dari sampah tersebut,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mukomuko, drg Robin Linton Simanjuntak  ketika dikonfirmasi Bengkulu Ekspress,  menyampaikan pihaknya tengah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi persoalan sampah di pasar – pasar. Seperti telah mendistribusikan gerobak sampah, motor pengangkut sampah hingga membangun tempat penampungan sampah sementara sebelum diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Hanya saja, penampungan sampah yang ada itu belum di manfaatkan optimal. “Maksud kita memberikan alat pengangkut sampah itu supaya sampah pasar  dapat di kumpulkan di satu tempat  yang sudah disediakan. Nantinya  akan di angkut menggunakan mobil untuk di buang ke TPA,” katanya.

Kendati demikian, lanjut Robin, persoalan sampah salah satu tugas besar jajarannya.  Pihaknya akan lebih memaksimalkan  tugas dan fungsi  yang bekerjasama dengan pihak – pihak terkait. Supaya  sampah – sampah di pasar  dapat terjaga dan di kelola dengan baik. (900)