Sampah Berserakan di Pasar Muara Aman

Jpeg
SAMPAH : Kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih dirasa kurang. Tampak sampah berserakan meski sudah ada spanduk larangan membuang sampah.

LEBONG UTARA, Bengkulu Ekspress – Warga Kelurahan Pasar Muara Aman mengeluhkan sampah yang sering berserakan di Pasar Muara Aman. Hal ini tentunya membuat kondisi warga sekitar tidak nyaman dengan bau yang ditimbulkan sampah tersebut.

Disampaikan Nining, salah satu warga saat berdialog dengan Ketua DPRD Lebong beberapa waktu lalu, alangkah tidak enaknya warga dari luar Kabupaten Lebong ketika memasuki Pasar Muara Aman langsung disuguhkan dengan sampah yang berserakan.

“Muara Aman inikan merupakan pusat kota Kabupaten Lebong, alangkah tidak enaknya orang luar datang ke Lebong melihat sampah yang banyak. Terutama didekat pedagang ikan sering sampah menumpuk,” jelas Nining yang merupakan mantan anggota DPRD Lebong.

Diungkapkannya, selain masalah sampah, Pemerintah Kabupaten Lebong sesuai dengan programnya Lebong bersolek juga hendaknya melakukan penataan yang baik para pedagang di Kelurahan Pasar Muara Aman agar terlihat rapi, bersih dan tertata. “Jadi ini bisa kita singkronkan dengan program Lebong Bersolek, mulai dari masalah sampah hingga masalah pengaturan pedagang,” ungkap Nining.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Lebong, Teguh Raharjo Eko P SE mengatakan, mengatasi masalah sampah tersebut harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri akan sampah. Karena untuk dipasar Muara Aman itu sendiri Dinas terkait sudah menyiapkan beberapa tempat sampah.

“Artinya ini perlu kesadaran masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya, seperti didepan Puskesmas Muara Aman, sudah dipasang sepanduk larangan namun masih saja sampah berserak disana,” kata Teguh.

Salah satu Tokoh Pemuda Pasar Muara Aman, Hendra Kumar mengusulkan program kepada DPRD Lebong, yakni pemanfaatan drainase untuk mengembangbiakkan ikan lele. Untuk itu, para pemuda mengharapkan adanya dukungan dari Pemerintah Daerah maupun DPRD Lebong terkait usulan tersebut.

“Dengan demkian kesadaran akan lingkungan itu tumbuh dengan sendirinya. Kami sebagai pengelola nantinya bisa dengan rutin membersihkan sampah yang ada didrainase tersebut,” ucap Hendra.

Atas dukungan tersebut, Ketua DPRD Lebong sangat mengapresiasikan usulan para pemuda tersebut. Untuk itu, dia meminta pihak terkait agar dapat melakukan pemberdayaan pemuda dengan berbagai program yang bermanfaat seperti itu.

“Saya sangat mengapresiasi usulan tersebut, jika itu berjalan dengan baik tentunya akan kita dukung,” ucap Teguh. (777)