Sambungan Gratis Tuntas Dipasang

Pelanggan Dikenakan Tarif Terendah

ILUSTRASI
ILUSTRASI

BENGKULU, BENGKULU EKSPRESS – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Bengkulu berhasil menuntaskan target pemasangan sambungan pipa gratis bagi warga yang tidak mampu. Tahun 2017 ini, sudah ada 2.250 sambungan rumah, dan di tahun depan pihak PDAM akan kembali melanjutkan sambungan tersebut hingga mencapai 10.000 sambungan.
“Setiap kecamatan sudah ada perwakilannya, karena yang mendapatkan program ini khusus masyarakat yang berpenghasilan rendah. Dan rencana akan tetap dilanjutkan, karena target sebenarnya ada 10 ribu pemasangan gratis,” kata Direktur PDAM kota, H SJobirin Hasan, kepada BE, kemarin (15/12).

Adapun anggaran dalam sambungan gratis ini sebesar Rp 4,4 miliar yang merupakan dana hibah dari pemerintah pusat. Dengan tujuan agar seluruh lapisan masyarakat bawah, dapat menikmati layanan PDAM, tanpa dikenakan biaya pemasangannya. Namun untuk pemakaian airnya akan tetap dihitung sesuai dengan penggunaan sehari-hari, akan tetapi khusus masyarakat berpenghasilan rendah ini dimasukkan dalam klasifikasi pelanggan rumah sederhana atau subsidi sehingga tidak dibebankan dengan biaya yang terlalu tinggi.

“Jadi khusus program ini dikenakan biaya yang paling rendah, untuk tarifnya adalah Rp 1.900 per seribu liternya,” ungkap Sjobirin. Di sisi lain, meski komitmen pemerintah kota untuk merealisasikan hingga 10 ribu sambungan rumah, namun jika dilihat dari sisi anggaran daerah yang ada, masih sulit untuk mencapai 100 persen.

“Sebenarnya, targat pemerintah 2018 ini bisa terselesaikan. Tetapi lebih mengacu kepada kemampuan keuangan daerah, untuk memenuhi kebutuhan program ini. Melihat struktur APBD kemungkinan masih belum bisa terpenuhi, maka kami sangat harapkan dukungan semua pihak,” jelasnya. (805)