Sakit Parah Dan Hidup Sebatang Kara, Penjaga SMAN 5 Butuh Uluran Tangan

pak kancilBENGKULU, bengkuluekspress.com – Kondisi yang memprihatinkan dialami oleh Pak Kancil, penjaga SMA Negeri 5 Kota Bengkulu yang beberapa hari terakhir dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Bengkulu, tepatnya di ruang Marwah kamar nomor 304. Sejak 4 hari terakhir, Pak Darwis atau yang akrab disapa Pak Kancil itu dirawat karena diduga mengidap penyakit kanker paru-paru.

Pak Kancil sudah menjadi penjaga sekolah SMA Negeri 5 sejak tahun 2000 silam. Lebih memprihatinkan lagi, karena diketahui beliau hanya hidup sebatang setelah ditinggal orang tuanya saat ia masih kecil, dan hanya memiliki keluarga angkat yang tinggal di kabupaten Muko-Muko.

Namun Pak Kancil yang kini terbaring lemah itu cukup beruntung karena Ikatan keluarga alumni Cendana (ika Cendana) yang merupakan kumpulan dari alumni SMA Negeri 5 dari tahun 1986 pun bersedia secara sukarela untuk menolong bahkan rela menjaga Pak Kancil secara bergantian di rumah sakit setiap harinya. Tidak hanya itu, ika cendana ini juga membantu mendatangkan keluarga angkat pak kancil yang berada di Muko-Muko tersebut, hingga akhirnya Sabtu (16/12/17) pagi keluarga nya itu datang dan membesuk pak Kancil di rumah sakit.

“Alhamdulillah tadi pagi kita berhasil mendatangkan keluarga angkatnya Pak Kancil namanya Iyan. Iyan ini adalah orang yang dulu ayahnya Iyan menyekolahkan Pak Kancil sampai tamat SMA, bukan saudara kandungnya. Karena Pak Kancil ini benar-benar tidak punya siapa-siapa. Sejak saudara angkatnya datang tadi pagi alhamdulillah semangat pak kancil dan rasa manjanya mulai muncul,dia minta diurut tadi sama saudaranya, dan pak kancil tampak bisa tersenyum usai ditemui keluarganya, kelihatan dia sangat senang sekali,” ujar Usman Gumanti, salah satu pengurus Ika Cendana yang ikut menjaga pak Kancil di rumah sakit.

Sementara itu, bagi masyarakat yang ingin menyampaikan bantuan atau donasinya kepada Darwis alias pak Kancil ini, bisa melalui rekening bendahara cendana peduli, atas nama Indah Syoraya di rekening bank BNI dengan nomor 009-0398-932326. (ibe)