Safari Jurnalistik Tingkatkan Pemahaman Kapasitas Kewartawanan

PWIBengkulu, Bengkuluekspress.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bengkulu, menggelar Safari Jurnalistik 2018, peningkatan kapasitas bagi wartawan cetak, elektronik dan media online di Bengkulu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Extra Hotel Bengkulu, sekitar pukul. 09.00 WIB, Kamis (12/4/18) ini dibuka Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Novian Andusti, didampingi Ketua PWI Bengkulu Zacky Antoni.

“Kapasitas kewartawanan itu seperti, menguasai syarat pembuatan suatu berita, pemahaman tentang kode etik jurnalistik, serta UU yang mengatur tentang pers,” ujar Zacky Antoni Ketua PWI Provinsi Bengkulu saat diwawancarai bengkuluekspress.com Kamis (12/4) usai pembukaan acara Safari Jurnalistik.

Zacky menerangkan, seorang wartawan itu tidak boleh berhenti belajar untuk meningkatkan kapasitas kewartawanannya. Kegiatan seperti ini dilakukan guna memfasilitasi dan memfilter wartawan karena meida di Bengkulu tumbuh sangat pesat saat ini.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, sangat mengapresiasi kegiatan pada hari ini. Kami menyambut baik kegiatan seperti ini, agar nantinya melalui teman wartawan bisa menjadi duta untuk memperkenalkan Provinsi Bengkulu secara luas ke luar.

“Kami berharap sebentuk konstruksi untuk mendorong informasi tentang wisata, pembangunan, serta kemajuan yang ada di Bengkulu. Mari kita bangun keseimbangan antara pers dengan pemerintah. Kami juga meminta kepada setiap kepala organisasi perangkat daerah (OPD) jangan menghindari wartawan untuk memberikan informasi selagi itu bukan rahasia negara,” pungkas Nopian Andusti.

Safari jurnalistik 2018 ini, menghadirkan pemateri Hendry Ch Bangun (Sekjen PWI pusat), Marah Sakti Siregar, dan Widodo Asmowiyoto. Pemateri menyampaikan materi tentang sertifikasi kompetensi wartawan dan uji kompetensi wartawan (UKW), mengenal jurnalisme investigasi dan kode etik jurnalistik.

Dalam kesempatan ini juga digelar penyerahan penghargaan dari PWI pusat kepada PWI Provinsi Bengkulu yang masuk predikat 11 PWI provinsi terbaik, deklarasi gerakan anti hoax. Dalam deklarasi tersebut PWI Bengkulu, menyampaikan anti hoax, tolak money politic, tolak black campaing, serta menyukseskan pilkada sehat 2018. Sekaligus dilakukan sosialisasi produk Nestle yang terkenal dengan produknya yang enak dan menyehatkan. (HBN)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*