RSUD Curup Tangani 256 Kasus DBD

CURUP, BE- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Rejang Lebong disekitarnya memang mengkhawatirkan. Dimana hingga bulan September 2015 ini RSUD Curup setidaknya menangani kasus DBD sebanyak 256 pasien.
Menurut Kasubag Rekam Medis dan Promosi Kesehatan RSUD Curup, Sri Maryati SKM ke-256 pasien DBD yang mereka tangani tersebut bukan hanya dari Rejang Lebong saja. Melainkan berasal dari sejumlah daerah yang berada di sekitar Rejang Lebong seperti Kepahiang, Lebong, Empat Lawang bahkan Kota Bengkulu.
“Meskipun ada dari luar Rejang Lebong namun jumlahnya hanya sedikit, yang terbanyak tentunya dari Rejang Lebong sediri,” ungkap Sri.
Diakui Sri, dibandingkan dengan tahun 2014 lalu, jumlah penderita DBD yang mereka tangani memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan menurutnya pada bulan Februari lalu kasus DBD yang mereka tangani menduduki urutan pertama pasien rawat inap yang ditangani RSUD Curup.
“Selama tahun 2015 ini selain pernah menduduki urutan pertama penyakit yang kita tangani, DBD juga selalu masuk 10 besar pasien yang masuk ke RSUD Curup ini,” tambah Sri.
Dalam mengantisipasi meningkatnya kasus DBD khususnya di Kabupaten Rejang Lebong, Sri mengajak sluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penularan penyakit yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti tersebut. Salah satu cara yang bisa dilakukan masyarakat yaitu dengan menerapkan pola hidup bersih serta melakukan kegiatan 3M Plus dilingkungan masing-masing.
“Biasanya saat musim hujan adalah waktu yang tepat untuk pembiakan nyamuk karena banyak genangan air yang timbul. Oleh karena itu kita harus mengantisipasi adanya genangan air terutama di benda-benda bekas yang bisa menampung air dan bisa menjadi sarang nyamuk untuk bekembang biak,” jelas Sri.
Untuk di ketahui berdasarkan data terakhir yang disampaikan Dinas Kesehatan Rejang Lebong pada pertengahan September kemarin. Jumlah penderita DBD di Rejang Lebong pada tahun 2015 ini sudah mencapai 151 orang. Bahkan dua diantaranya sudah meninggal dunia akibat DBD.(251)

Daftar Pasien DBD Yang Dirawat di RSUD Curup dari Januari Hingga September

Bulan         Jumlah
Januari         37
Februari         37
Maret         26
April         24
Mei         23
Juni         18
Juli         42
Agustus         11
September     38

Jumlah         256
Sumber : RSUD Curup